Senin, 11 Oktober 2010

Gila.... ni film keren bageng inteligen di jaman Disnati ming
kisah royalitas dan penghianatan
lengkap dengan kisah asmara yang menyentuh hati
dan juga duel pendekar yang seru abis






14 Blades: Antara Pengkhianatan dan Loyalitas

14 Blades

Apakah Anda menantikan film Mandarin yang bermutu? 14 Blades bisa menjadi referensi. Film arahan Daniel Lee ini dapat mengobati kerinduan Anda akan film Mandarin yang berkualitas, baik dari bidang sinematografi, akting, sampai esensi dari cerita itu sendiri.

Mengambil latar Dinasti Ming, kerajaan membentuk sebuah organisasi pengawal kekaisaran. Di zaman modern, tak ubahnya seperti badan intelijen pemerintah yang dididik dan dilatih dengan cara yang kejam dan tidak wajar.

Para pengawal kekaisaran ini disebut Jinyiwei. Masing-masing memegang senjata yang terdiri dari 14 buah pedang: 8 digunakan untuk menyiksa, 5 untuk membunuh, dan 1 pedang khusus untuk membunuh diri sendiri jikalau misi tidak berhasil diselesaikan. Para Jinyiwei sangat ditakuti di seluruh dataran China karena terkenal dengan kebengisannya saat menghabisi sasaran.

Pada masa itu, terjadi konspirasi dan pengkhianatan di dalam organisasi Jinyiwei. Menggunakan poitik adu domba, para Jinyiwei yang berkhianat berusaha menyingkirkan Jinyiwei yang masih setia pada kaisar. Jinyiwei yang memiliki niat busuk tersebut memengaruhi pangeran untuk memangkas habis semua”pengkhianat”. Misi ini pun jatuh ke tangan Qinlong (Donnie Yen), salah satu Jinyiwei terbaik yang dimiliki Kekaisaran. Para Jinyiwei yang memiliki niat tidak baik tersebut menginginkan segel kerajaan untuk memuluskan tujuan mereka.

Namun, Qinglong menyadari bahwa ada keanehan yang terjadi. Ia melihat bahwa ada maksud tersembunyi dari misi yang diterimanya tersebut. Apa yang akan dilakuka Qinlong? Apakah ia akan tetap mengikuti perintah kaisar atau berusaha mencari tahu dalang di balik konspirasi besar yang terjadi di tubuh kerajaan? Apakah misi tersebut akan terpenuhi atau Qinglong harus menggunakan pedang terakhir untuk mengakhiri misi tersebut?

Diprediksi Box Office

Berapa banyak film Mandarin yang berhasil tembus Box Office? Mungkin baru beberapa. Masih segar di benak kita film-film berkualitas buatan negara Tirai Bambu ini, seperti Once Upona Time in China, Crouching Tiger Hidden Dragon, dan The Curse of Golden Flower. Film-film tersebut berhasil bersaing dengan film Hollywood lainnya dan berhasil bercokol di box office dengan pendapatan cukup menggiurkan.

Banyak pihak yang meramalkan bahwa 14 Blades akan mengikuti jejak pendahulunya. Memasang aktor dan aktris terkenal seperti Donnie Yen, Wu Chun, Zao Wei, dan aktor senior Wu Ma, film ini memiliki kelebihan tersendiri. Akting mereka dalam film ini patut diacungi jempol. Keputusan Daniel Lee memilih mereka untuk memerankan film seharga 15 juta dollar ini memang langkah yang tepat.

14 Blades memang tampak seperti film Mandarin kebanyakan yang menonjolkan sisi martial art-nya. Namun, ada hal lain yang menjadi perhatian lebih, yaitu pemilihan setting film. Daniel Lee berusaha menghadirkan suasana baru dalam mengemas film yang satu ini. Daniel lebih memilih bermain dengan gurun pasir dan mencampurkan sedikit nuansa Mongol di dalamnya. Para wanita di film ini tampak perkasa dengan jubah, boot, dan ikat kepala. Lupakanlah penampilan wanita khas film Mandarin yang memakai sepatu silat, baju sutera mengilat, dan hiasan rambut yang cantik dan berwarna-warni. Bahkan, saya sempat berpikir bahwa penampilan karakter Qinlong nyaris sama dengan Sherlock Homes yang diperankan Robert Downey Jr. satu lagi hal yang saya salutkan dari seorang Daniel Lee, ia memasukkan unsur Arab untuk mempermanis film ini.

Satu kata untuk 14 Blades: Memukau. Silahkan nikmati jalan cerita dan pertunjukkan martial art yang mengesankan. Secara keseluruhan, film ini memang pantas menjadi box office. Kita tunggu saja!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar