Kamis, 06 Januari 2011

THE HOKAGE

Hashirama Senju


Dalam seri manga dan anime Naruto, Hashirama Senju (千手柱間 ,Senju Hashirama?), yang bergelar Hokage Pertama (初代火影 ,Shodaime Hokage?), adalah pendiri Konohagakure, sebuah desa fiktif kediaman para ninja. Hashirama merupakan kakak Tobirama Senju, Hokage (ninja terkuat) kedua di Konohagakure, dan juga merupakan kakek Tsunade (Hokage kelima Konohagakure) dan Nawaki.

Diceritakan bahwa Hashirama dihormati sebagai ninja yang paling ditakuti pada masanya. Ia amat dihormati dan bahkan saingannya sendiri, Madara Uchiha, menghormati kekuatannya. Hanya ada satu orang yang mampu menghadapinya, dan hanya ada satu klan yang mampu menghadapi klannya, yaitu Madara Uchiha dan klan Uchiha.

Latar Belakang

Pada awalnya Hashirama merupakan pemimpin klan Senju. Selama masa peperangan pertama, klan Senju dihormati sebagai salah satu dari dua klan terkuat di dunia, menyaingi klan Uchiha. Oleh sebab itu, klan Senju sering bertikai dengan klan Uchiha dan Hashirama sendiri sering melawan Madara Uchiha secara pribadi. Karena lelah dengan pertikaian, Hashirama dan klannya mendatangi Klan Uchiha untuk mengajukan perdamaian. Setelah bersekutu dengan klan Uchiha, kedua kelompok tersebut mendirikan Konohagakure yang berkembang menjadi salah satu dari lima negara shinobi terbesar.

Kemudian, Madara meninggalkan Konoha setelah ia mengambil mata adiknya sendiri. Konflik tersebut mengakibatkan pertarungan antara Hashirama dan Madara di Lembah Akhir. Pertarungan tersebut dimenangkan oleh Hashirama. Untuk mengenang pertarungan tersebut, didirikan patung Hashirama dan Madara di Lembah Akhir. Kedua patung tersebut berdiri mengapit air terjun sambil berhadap-hadapan.

Bagaimanapun juga masa perang masih berlanjut, dan sambil memikirkan masa depan Konoha, Hashirama dan adiknya, Tobirama Senju, melatih Hiruzen Sarutobi, Hokage Konoha di masa depan.

Hashirama dan adiknya dibangkitkan dari kematian oleh Orochimaru (tokoh antagonis cerita Naruto) untuk menghadapi Hokage ketiga (Hiruzen Sarutobi) selama masa penyerbuannya ke Konoha. Saat terbangun dari kematiannya, Hashirama dipaksa oleh Orochimaru agar menyerang Hokage ketiga, muridnya sendiri. Bersama dengan adiknya, Hashirama mengkombinasikan serangan untuk mengalahkan Hokage ketiga.Walau kekuatan mereka tidak sepenuhnya atau seperti aslinya itu pun sudah menyudutkan Hokage ketiga. Hal itu memaksa Hokage ketiga untuk memunculkan Enma si "raja kera", hewan panggilan berwujud kera. Hewan tersebut membantu Hokage ketiga selama menghadapi Hashirama, sampai akhirnya dalam keadaan terdesak akhirnya Hokage ketiga memutuskan untuk mengeluarkan jurus memanggil Dewa Kematian untuk mengakhiri pertarungan yang dianggap hokage ketiga sia-sia, agar jiwa Hashirama dan adiknya kembali ke alam baka. boneka hokage pertama pun melakukan perlawanan dengan mengeluarkan jurus pembawa kegelapan, dan hokage kedua pun menyerang hokage ketiga dengan taijutsu hebat. akhirnya dengan hati teguhnya dan sisa kekuatannya, akhirnya jurus "fuinjutsu sikifujin" berhasil menyegel arwah mereka berdua.Sebelum jiwa Hashirama dan adiknya masuk alam baka untuk selamanya, mereka meminta maaf kepada Hokage ketiga atas masalah yang telah mereka lakukan. terakhir giliran orochimaru yang menjadi sasaran jurus hokage ketiga tsb, tidak ingin kalah juga akhirnya orochimaru juga mengeluarkan sebuah pedang yang disebut "kusanagi" dari dalam mulutnya. pertarunngan pun dilanjutkan, sampai akhirnya orochimaru tertangkap oleh jurus hokage ketiga.Walau hanya bagian tangan orochimaru saja yang tersegel, tapi itu sudah membuwat hokage ketiga senag karena dengan begitu orochimaru tidak akan bisa mengeluarkan jurus lagi untuk menghancurkan konoha. Misi orochimaru pun gagal total.

Yamato

Diceritakan bahwa Orochimaru telah mengimplantasi DNA Hashirama kepada enam puluh subjek. Salah satu subjeknya bernama Tenzo (kemudian berganti nama menjadi Yamato). Namun, hampir seluruh subjeknya meninggal dan Orochimaru tidak menyadari bahwa ada satu orang yang selamat, yaitu Tenzo (Naruto masih memangilnya dengan nama Yamato).


Tobimaru Senju

Dalam seri manga dan anime Naruto, Tobirama Senju (千手扉間 ,Senju Tobirama?), yang bergelar sebagai Hokage Kedua (二代目火影 ,Nidaime Hokage?), adalah adik Hashirama Senju, Hokage Pertama. Tobirama merupakan anggota klan Senju. Ia bergelar Hokage, gelar bagi ninja terkuat di Konohagakure, sebuah desa fiktif kediaman para ninja. Tobirama dan kakaknya merupakan guru bagi Hiruzen Sarutobi, Hokage Ketiga.

Latar Belakang

Diceritakan bahwa pada zaman peperangan, klan Senju sering bertikai dengan klan Uchiha. Karena merasa pertikaian tersebut tak akan berujung, Hashirama, pemimpin klan Senju, mengajukan perdamaian pada klan Uchiha. Perdamaian itu enggan diterima oleh Madara, pemimpin klan Uchiha. Namun karena didesak oleh orang-orang penting di klannya, Madara setuju untuk berdamai dengan klan Senju. Kemudian klan Senju dan Uchiha mendirikan desa Konoha (Konohagakure), dimana pemimpin desa tersebut diberi gelar Hokage. Untuk yang pertama kali, gelar tersebut diberikan pada Hashirama, kakak Tobirama.

Pada masa tersebut, Tobirama melatih tiga orang yang dipilihnya sendiri, disebut Tim Tobirama yang anggotanya adalah Hiruzen Sarutobi (Hokage Ketiga), Homura Mitokado dan Koharu Utatane (dua orang tersebut menjadi penasihat di Konoha).

Setelah menjadi Hokage, Tobirama memberi posisi istimewa kepada klan Uchiha sebagai tanda kepercayaannya pada klan tersebut. Ia memberi kuasa kepemimpinan atas Polisi Militer Konoha pada klan tersebut. Namun menurut Madara Uchiha, hal tersebut hanya kedok semata, dan tujuan sebenarnya hanya untuk menjauhkan klan Uchiha dari pemerintahan Konoha, dan menempatkan klan tersebut di bawah pengawasan ketat pasukan ANBU.


Sarutobi


Hiruzen Sarutobi (猿飛ヒルゼン ,Sarutobi Hiruzen?), yang bergelar sebagai Hokage ke-3, adalah karakter fiksi dari anime dan manga Naruto. Nama keluarganya terinspirasi dari nama Sarutobi Sasuke. Sarutobi berarti "Melompat seperti monyet," dan hewan panggilan tokoh ini adalah seekor monyet.

Masashi Kishimoto, pengarang komik ini, awalnya merencanakan gelar Hokage ke-3 diberikan kepada seekor anjing, tetapi rencana ini dibatalkan karena dianggap terlalu aneh. Banyak aspek dalam karakter ini yang mirip dengan cerita klasik "Perjalanan ke Barat" dari Tiongkok (Xi Hu Chuan); monyet yang ia panggil sangat mirip sekali dengan Sun Go Kong, tokoh protagonis dari cerita tersebut, dan senjata utama Sarutobi mirip dengan tongkat sakti mirip Sun Go Kong.

Latar belakang

Sarutobi adalah murid dari Hokage ke-2. Dia bersama dua orang temannya mitokado homura dan utatane koharu menjadi bimbingan Hokage ke-2. Setelah dewasa, dia membimbing tiga orang anak yang akan menjadi Sannin legendaris, yaitu Tsunade, Jiraiya, dan Orochimaru.

Karakteristik

Sarutobi adalah Hokage ke-3 di Konoha. Perawakannya seperti kakek-kakek seperti pada umumnya. Rambutnya yang mencuat ke atas mirip seperti anaknya, Asuma dan cucunya, Konohamaru. Matanya agak sipit dan bola matanya berwarna hitam. Dia tidak memiliki kumis, tetapi memiliki sejumput janggut. Kemiripannya dengan Asuma bisa dilihat apabila dia melepas capingnya. Penampilannya sehari-hari sangat khas. Dengan jubah putih dan caping, dia bisa dikenali dengan mudah. Dia juga sering diperlihatkan menghisap cerutu. Kalau dibutuhkan, dia akan menggunakan jubah tempurnya, yang menyerupai baju zirah samurai tetapi tanpa pelindung dada.

Kemampuan

Sarutobi adalah seorang hokage yang tangguh. Pada masa muda, dia juga menjadi guru bagi Jiraiya, Tsunade, dan Orochimaru. Salah satu muridnya pun telah menjadi seorang Hokage, yaitu Tsunade. Sarutobi disebut juga sebagai profesor di dunia ninja karena bisa menggunakan semua jutsu yang ada di konoha.

Kemunculan Awal

Sarutobi pertama kali muncul ketika Naruto sedang mencorat-coret patung Hokage. Sarutobi dibuat tidak berdaya oleh Naruto dengan menggunakan Oiroke no Jutsu.

Wafatnya Sarutobi

Di sini dia muncul pertama kali ketika para Jonin pembimbing datang dan merekomendasikan pilihan mereka untuk mengikuti ujian. Dia kembali muncul ketika diadakan pengundian babak utama. Terakhir kemunculannya adalah ketika Orochimaru menyanderanya. Sarutobi lalu melawan Orochimaru dengan gigih. Mereka berdua mengeluarkan kemampuan masing-masing. Ditengah-tengah pertarungan, Orochimaru mengeluarkan jutsu terlarang dan memanggil arwah hokage pertama dan kedua dan menggunakan mereka untuk melawan Sarutobi. Akhirnya Sarutobi mengeluarkan jutsu terlarang yaitu Fuin jutsu Shikifujin dan mengorbankan dirinya untuk membunuh Orochimaru. Tetapi sayang, jutsu itu hanya "mengambil" tangannya, dan tidak sempat membunuh Orochimaru.


  • Minato Namikaze (Yondaime Hokage)




Sebelum jadi Hokage, nama asli Namikaze Minato,seorang ninja Jounin yang mempunyai istri bernama Uzumaki Kushina. Dialah ayah Uzumaki Naruto. Minato dipilih jadi Hokage Keempat yang menggantikan Hokage Ketiga mau pensiun. Dia mempunyai sejarah penting dianggap legenda termasuk dia pernah berhadapan dengan Kyuubi si siluman rubah berekor sembilan sedang menghancurkan desa Konohagakure. Saat itu, dia pernah memanggil makhluk gaib menyerupai katak raksasa bernama Gamabunta untuk bertarung dengan Kyubi. Tetapi, Kyubi mudah mengalahkan Gamabunta sehingga mengalami luka parah. Karena desa Konohagakure dalam keadaan gawat, dia terpaksa mengeluarkan jurus terlarang terhadap Kyubi. Tetapi, sayangnya, dia meninggal saat upacara menyegel Kyuubi dengan jurus Shiki Fuujin di dalam tubuh Naruto. Setelah disegel, dia berpesan pada penduduk Konoha agar memperlakukan baik anaknya sebagai pahlawan bukan sebagai monster.
Sebenarnya siapa gurunya tidak dapat diketahui tetapi menurut manga Naruto chapter 382, Jiraiya oranglah guru Minato karena Jiraiya memberi inspirasi kepada Minato atas nama anak dalam buku biografi milik Jiraiya. Apalagi dia pernah diajari jurus Rasengan oleh Jiraiya itu berarti kekuatan ayah Naruto diturunkan kepada anak Naruto. Karena itu, dia memiliki kekuatan elemen angin seperti Naruto. Seperti menurut perkataan Kakasih dalam manga Naruto chapter 315, kekuatannya tidak dapat melebihi kekuatan Naruto termasuk jurus baru Fuuton Rasengan Shuriken telah dibuat Naruto sendiri dengan bantuan jurusan Kage Bunshin no Jutsu karena dia tidak mempunyai cakra sebanyak Naruto. Tidak mungkin dia sendiri mengeluarkan jurus Fuuton Rasen Shuriken dengan jumlah cakra terlalu banyak seperti dimiliki Naruto. Kabarnya, dia memiliki ketiga murid didikannya yaitu Kakasih Hatake, Uchiha Obito, dan Rin.
Dikatakan bahwa Minato merupakan ninja terhebat yang dihasilkan konoha, engan bakat alami yang sangat jarang. Minato menciptakan beberapa teknik istimewa, termasuk Hiraishin no Jutsu (飛雷神の術?) yang bisa membuatnya tiba di lokasi manapun secara cepat, dengan menggunakan segel khusus, atau jutsu-shiki (術式?). Dengan menggabungkan segel kedalam sebuah kunai atau musuh, Minato dapat berpindah tempat ke lokasi segel tanpa menarik perhatian. Kemampuan ini membuatnya dijuluki sebagai “Konoha’s Yellow Flash” (木ノ葉の黄色い閃光 Konoha no Kīroi Senkō?) atau Si Kilat Kuning dari Konoha, Minato merupakan pencipta rasengan, sebuah teknik yang tidak memerlukan segel tangan, tetapi menggunakan pusaran cakra yang terkonsentrasi dalam genggaman tangan yang mengakibatkan kerusakan yang luar biasa ke korbannya.

Tsunade


Tsunade adalah karakter fiksi dari anime dan manga Naruto. Ia adalah cucu dari Hokage Pertama, keponakan dari Hokage Kedua, dan kunoichi dari tiga sennin legendaris dan sekarang dikenal sebagai Hokage Kelima. Tsunade adalah seorang ninja medis dan juga "penjinak siput". Perlu diketahui bahwa Tsunade adalah Hokage sekaligus Kage wanita pertama di seluruh dunia.

Nama Jiraiya, Tsunade dan Orochimaru berasal dari cerita kuno Jiraiya Goketsu Monogatari (児雷也豪傑物語, "Legenda Jiraiya yang pemberani") dari literatur Jepang. Pada cerita itu, Jiraiya dan Tsunade adalah sepasang suami istri. Nama "Tsunade" (綱手) sendiri berarti "menambatkan tali".

Kata "Hime" (姫, "Putri") ditambahkan kedalam nama Tsunade, konon disebabkan karena dia adalah cucu dari Hokage Pertama. Bagaimanapun, alasan utama orang memanggilnya dengan sebutan putri disebabkan rasa segan dan takut mereka terhadapnya, atau mungkin juga sebutan itu digunakan untuk "menjilat" Tsunade yang terkenal. Tsunade terkenal dengan dadanya yang besar, kekuatannya yang mengerikan, dan hatinya yang lembut.

Karakteristik

Tsunade bisa dikenali dari wajahnya yang relatif cantik berumur 50-an, berambut pirang, dan berdada sangat besar. Biasa memakai kimono dan celana panjang. Kepribadiannya bisa amat buruk dan judes, sama seperti Sakura. Menurut informasi yang dihimpun Jiraiya, terkadang dia merubah wujudnya menjadi wanita setengah baya, nenek-nenek renta, bahkan seorang gadis berumur 14 tahun untuk menghindari penagih hutang yang tidak bisa dibayarnya karena selalu kalah dalam judi. Tsunade memiliki segel bayangan di dahinya untuk menyimpan chakra yang digunakan pada saat-saat kritis. Tsunade juga terkadang suka memanfaatkan bawahannya setelah menjadi hokage, walaupun tidak keterlaluan (tapi kadang kadang bisa keterlaluan juga kalau Tsunade marah). Tsunade juga takut akan darah karena kenangan buruk di masa lalunya.

Kemampuan

Kemampuan Tsunade sebagai ninja medis maupun petarung sudah tidak diragukan lagi. Kemampuan medis dan kecerdasannya yang mengagumkan, seperti kemampuannya untuk melakukan regenrasi dengan segel bayangan. Kekuatan fisiknya amat mengerikan. Kabuto menggambarkannya sebagai "Sekali kena maka habis sudah". Dengan satu jari bisa membelah tanah, tendangannya menghancurkan daerah sekitarnya, bahkan menggunakan pisau milik gamabunta yang panjangnya 10-15 kali besar tubuhnya. Dia juga bisa menggunakan Kuchiyose berupa siput. Sewaktu kanak-kanak, jiraiya pernah dipukul olehnya dan terpental sampai 100 m. Tidak ada yang selamat jika sudah mengenai pukulan Tsunade. Menurut cerita yang diceritakan Yamato kepada Naruto, Jiraiya pernah hampir kehilangan nyawanya. Enam tulang rusuk patah akibat dipukul sekuat tenaga oleh Tsunade, penyebabnya karena Jiraiya bermaksud untuk mengintip pemandian wanita. Semua kemampuan Tsunade diturunkan kepada Sakura, yang menurut Jiraiya adalah pewaris tenaga Tsunade alias Tsunade Kedua. Demikian pula Tsunade, yang menganggap kalau Naruto adalah Jiraiya Kedua. Mereka juga yakin Sasuke adalah pewaris tenaga Orochimaru.

Pencarian Tsunade

Kemunculan pertamanya sebagai tokoh dalam naruto berawal disini. Ketika sedang berwisata, dia didatangi oleh orochimaru untuk kembali menghidupkan adik dan kekasihnya. Tsunade diberi waktu 1 minggu untuk memikirkannya. Naruto dan Jiraiya kemudian bertemu dengannya, setelah pertemuan dengan Orochimaru. Dia lalu berkata sangat kasar tentang Konoha dan para hokage pendahulunya. Naruto yang panas menantangnya bertarung. Naruto kalah telak dan diberi waktu 1 minggu oleh Tsunade untuk menyempurnakan Rasengan. Sebagai taruhannya, dia mempertaruhkan kalung warisan hokage pertama. Kemudian Jiraiya mengajaknya minum-minum, tetapi dengan cerdik dia berhasil memberi racun pada sake Jiraiya. Jiraiya yang kepayahan meminta pertolongan pada Naruto dan Shizune. Tsunade menemui Orochimaru, dan menolak tawarannya setelah hatinya tergerak oleh tekad Naruto. Tsunade dan Jiraiya lalu bertarung melawan Orochimaru dan Kabuto. Tsunade yang phobia darah hanya bisa diam dan dihajar oleh Kabuto. Dia mati-matian melindungi Naruto. Di saat kritis dia diselamatkan Naruto dengan rasengan yang telah sempurna dalam waktu hanya seminggu. Setelah pertarungan usai, Tsunade mati-matian menyembuhkan Naruto, dan berhasil. Tsunade lalu memberikan kalungnya yang sangat mahal (konon bisa membeli tiga buah gunung) karena kalah bertaruh.

Setelah "Pencarian Tsunade", kemunculan tokoh Tsunade hanya mendapatkan porsi yang sedikit. Namun hal itu bukan berarti dia karakter yang tidak penting. Kurang lebih perannya sama seperti Sarutobi, yang hanya muncul sekilas-sekilas untuk memberi misi, maupun melakukan hal-hal lain, seperti pengoprasian tubuh Lee yang hancur akibat pertarungan dan kemunculan-kemunculan sekilas di Naruto Shippuden.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar