Sabtu, 16 Oktober 2010

Klinik Bass: Yuke Sampoerna

Rabu 20 Februari 2008
Bisa beri penjelasan seputar teknik yang dipakai di lagu Arjuna? Tepatnya di bagian akhir. Kalau tidak salah, Yuke menggunakan teknik slap? Cara yang benar mainnya bagaimana?
Thomas@Cirebon

Di lagu Arjuna, sebenernya saya enggak memakai teknik slap sepenuhnya. Yang saya lakukan hanya mempertegas suara snare drum yang dipukul Tyo (Nugros, RED.). Teknik yang saya gunakan sebenarnya adalah fingering biasa. Cuma pada pukulan pertama dan ketiga snare drum, saya mencabik senar bas di nada tinggi.



Teknik harmonik pada bass itu bagaimana sih?
Dita, Pekanbaru

Saya enggak terlalu tahu soal teknik harmonik. Yang jelas, cara paling gampang untuk mengaplikasikan teknik harmonik ada pada fret 5, 7, 9 dan 12. Hampir mirip dengan harmonik pada gitar. Jujur saja, saya jarang menggunakan teknik ini.

Saya sering bermasalah saat main bass karena dinilai kurang nge-groove? Bagaimana caranya biar nge-groove?
Soson, Palembang

Yang paling mudah untuk bisa bisa mendapatkan groove adalah dengan banyak latihan. Lantas, harus sering mendengarkan lagu dan mencari celah lagu. Sehingga kita tahu, enaknya lagu itu ada di bagian mana.
Kemudian perhatikan tune dan beat drum. Hal ini akan membuat kita mendapatkan ritmiknya dengan benar. Itu yang paling penting. Kalau sudah menguasai ritmik, baru bisa main dengan groove.

Saat memainkan jenis musik swing, sebenarnya pola nada apa yang digunakan? Soalnya, saya masih bingung kalo lagi nge-jam dalam lagu swing?
Donny, Bandung


Pola nada yang dimaksudkan namanya walking bass. Teknik ini kerap dimainkan oleh bassis-bassis swing.
Sejak main dengan The Groove dan sekarang dengan Dewa 19, saya belum pernah menggunakan teknik walking bass ini. Jujur saja, saya benar-benar anti dengan teknik ini. Alasannya saya tidak suka menggunakannya.

Bagaimana caranya membuat senar bass elektrik saya tahan lama?
Eko, Jakarta

Sebenarnya simpel. Kalau senarnya sudah mulai enggak enak (busuk), tinggal diganti senar baru. Dulu teman-teman saya banyak yang menyarankan untuk merebus senar bas lama agar suaranya kembali jernih (bright). Cuma menurut saya teknik ini enggak menjamin suara bas kembali jernih.
Saya malah lebih prefer senarnya enggak perlu dibersihkan. Sebab makin dekil dan kotor, suaranya lebih tebal (busuk) dan makin enak. Apalagi untuk lagu-lagu yang butuh teknik fingering. Senar seperti itu malah lebih enak.

Bagaimana melatih teknik palm muting biar lancar? Guna teknik ini apa?
Manda, Palu

Asal tahu saja, teknik ini juga jarang saya gunakan. Melatih teknik ini sebenarnya gampang. Jari-jari di tangan kanan menahan 4 senar, sambil jari kanan memainkan nada yang dibutuhkan untuk lagu.
Biasanya, teknik ini saya gunakan pada bagian intro lagu. Ketika suara bas belum dibutuhkan dengan jelas. Gunanya untuk menahan getaran senar dengan menggunakan jari-jari pada fret.

Pola main bass di musik reggae sepertinya berbeda dengan musik genre lain. Sebenarnya, adakah trik khusus supaya pola ketukannya bisa dipelajari dengan mudah?
Sammy, Ponorogo

Saya termasuk penggemar musik-musik reggae yang alhamdulillah belum paham cara memainkannya dengan benar. Hehehe....
Cuma sepengetahuan saya, trik yang paling mudah untuk memainkan musik ini adalah kita harus mutlak hapal di luar kepala lagu yang kita mainkan. Dengan hapal lagu, kita hapal rute nada dan chord-nya. Begitupun nada-nada lagu dan beatnya. Dari situ kita bakal mampu memainkan improvisasi yang dibutuhkan oleh musik ini. Selamat mencoba!(dedi)

Sumber: http://www.hai-online.com/article.php?na...inik_musik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar