Minggu, 07 November 2010

1 CPU Komputer untuk 2 hingga 4 Monitor User

i
Rate This
Quantcast
Satu PC untuk satu user dengan satu monitor dan keyboard dengan banyak user itu sudah biasa, dan bagaimana jika kita hanya mempunyai satu CPU komputer tapi yang menggunakannya banyak.
Pada saat kita sedang bekerja tentu kita tidak ingin diganggu oleh teman atau orang lain yang juga ingin menggunakan komputer, nah hal ini sering sekali kita jumpai dikehidupan kita sehari hari, mungkin anda ingin membuat rental atau warnet kecil-kecilan, dengan dana yang terbatas mungkin cara ini bisa dipergunakan, semoga artikel kali ini dapat membantu saudara yang mengalami hal tersebut atau dapat sebagai alternatif memaksimalkan komputer yang kita miliki di rumah sendiri,
Artrikel ini sering dikenal dengan PC Cloning, untuk membangun PC cloning ini dibutuhkan software tambahan namaya betwin yang pada dasarnya kerja dari software betwin ini memisahkan perangkat keras seperti VGA, keyboard dan mouse pada masing-masing user account di sistem operasi yang digunakan,

Dengan mengkloning 1 buah PC menjadi 2 komputer atau lebih dapat menghemat berbagai peralatan yang akan digunakan. Pada komputer client hanya terdapat Monitor, keyboard, mouse dan speaker (optional). Masing-masing client dapat melakukan aktifitas yang berbeda dengan keyboard dan mouse yang dimiliknya.

dengan sistem klonning dapat mengurangi biaya penambahan station komputer, sehingga akan mengurangi investasi dan memudahkan perawatan sistem operasi.Bahkan disetiap user dapat surfing di internet, akses website yang berbeda-beda melalui satu jaringan LAN, modem dengan satu line saja.

PC Clonning dapat menggunakan sistem operasi Windows 98, Windows Millenium, Windows 2000 dan Windows XP untuk host-nya, sedangkan untuk station cukup dengan beberapa hardware yang dimilikinya seperti monitor, mouse dan keyboard, dimana nantinya pada setiap station akan tampil sistem operasi yang dimiliki host serta software-software yang sama seperti yang ada pada host

Kelebihan
kelebihan Menggunakan Clonning melalui port USB ini adalah
·Investasi murah karena memanfaatkan komputer yang sudah ada tanpa harus membeli komputer baru dengan spek yang sama.

·Kinerja Komputer station sama persis dengan komputer host dan bisa digunakan untuk keperluan Multi Media (Film, Musik, game dan lain-lain).

·Sistem Security yang tinggi karena standard NT/2000/XP
·Installasi relatif mudah dan performance lebih stabil karena kloning menggunakan Hardware.

Cara instalasinya:

langkah pertama adalah,pastikan semua driver vga sudah terinstall,dan usahakan bahwa vga untuk host adalah primary, bisa disetting di bios motherboard anda, pasang semua kabel ke 3 client ini ke port VGA, jika anda menggunakan dual head pada vga pci-ex mungkin anda perlu konverter dvi to vga, setelah terpasang dengan baik dengan 1 monitor ke vga onboard sebagai host, 2 monitor ke pci-ex (port dvi dan vga), dan satu monitor ke pci vga, coba lakukan test dengan masuk ke display properties, di bagian tab setting akan muncul beberapa icon monitor, klik monitor yang belum aktif dan centang extend my windows desktop onto this monitor agar monitor tersebut aktif dan menampilkan tampilan windows, lakukan ke semua monitor,,agar ke 3 monitor client aktif semua.

Setelah semua monitor aktif dan menampilkan gambar latar windows, lakukan instalasi usb hub, pasang 1 usb hub, tunggu sampai usbhub itu dikenali dan tidak ada konflik di windows, setelah ok, pasang mouse usb,,tunggu agar terdeteksi dan lakukan ujicoba mouse tersebut berjalan dengan baik atau tidak, setelah berhasil,,install keyboard usb ke usb hub,,,tunggu terdekteksi dan uji coba keyboard itu, lakukan hal yang sama untuk 2 klien yang lain. Pada intinya tancapkan satu persatu usb device anda agar tidak bentrok, dan mudah penyelesaiannya kalau seandainya ada salah satu device yang tidak berjalan normal.

Periksa dan uji coba kembali group pc clone anda,,mulai dari host, semua monitor dan usb device (keyboard, mouse) aktif dan normal semua, setelah itu install betwin versi demo anda, (intinya,, pastikan semua VGA dan hardware usb anda aktif dan ok semua sebelum menginstall betwin).Dalam isntalasi betwin, gunakan fitur auto configuration untuk client, maka betwin akan otomatis mengatur distribusi hardware usb ke setiap clientnya, lakukan perintah betwin untuk menekan keyboarb dan mouse pada setiap client.
Betwin akan restart, jika konfigurasi anda benar,,maka ke empat(1 house, 3 client) monitor itu akan menampilkan status login pada tiap user.

·Jika anda belum membuat user login,, buatlah user login pada windows di computer host anda, 3 user lagi untuk ke tiga client betwin,,misalnya User1, User2 dan User3.
Setelah ke 3 user ini tercipta, konfigurasi user login anda dalam betwin, masukan user user tersebut untuk login betwin, isikan password dan otomatiskan login untuk masuk ke system. Restart PChost.

Jika berhasil 3 client anda akan masuk ke windows dengan user name yang berbeda beda, User1, User2 dan User3, untuk otomatis login pc host bisa menggunakan security admin software.

Setelah semua berjalan bagus, untuk amannya,,masuklah ke system restore windows dan create restore point. Karena setelah betwin di crack anda tidak bisa melakukan konfigurasi ulang betwin, jika dipaksa masuk ke menu konfigurasi betwin,,maka ke 3 client akan mati, untuk menghidupkannya harus install ulang software betwin kembali dan melakukan konfigurasi dari awal. Tetapi karena anda sudah melakukan create restore point, anda hanya perlu merestore windows ke point restore yang anda buat, setelah direkonfigurasi,


Membuat Kop Surat Perusahaan Dengan Corel Draw 12

i
Quantcast

Berdasarkan pada objek desainnya, desain grafis dibagi menjadi dua kelompok, yakni desain bitmaps dan desain vektor . Desain bitmap bekerja dengan bitmap yang tersusun dari pixel-pixel warna dan raster yang membentuk sebuah objek. Sedangkan desain vektor bekerja dengan gambar yang tersusun dari vektor atau garis.

Pada objek bitmap jumlah pixel dalam gambar sangat mempengaruhi kualitas gambar, semakin banyak jumlah pixel yang membentuk gambar, akan semakin jelas detail gambar, sebaliknya gambar akan tampak buram atau kasar (juggy) bila jumlah pixel yang membentuk gambar sedikit.

Pada desain vektor, jumlah pixel tidak mempengaruhi gambar, karena gambar vektor tersusun dari garis yang membentuk sebuah image yang menghasilkan warna yang solid. Tampilan image tidak mempengaruhi kualitas gambar.

Corel Draw 12 merupakan aplikasi untuk menyunting/ menggambar objek berbasis vektor, mulai dari pembuatan logo yang sederhana sampai pada pembuatan ilustrasi yang rumit juga mampu untuk pembuatan pekerjaan yang berkaitan dengan banyak naskah pengetikan seperti pembuatan brosur atau layout halaman.Corel draw selain mengolah gambar berbasis vektor, mampu pula mengolah gambar berbasis bitmap dengan hasil yang tidak kalah dengan program bitmap. Tak heran jika aplikasi Corel Draw menjadi sangat populer dan banyak dipergunakan oleh para setter dan desainer untuk membuat hasil karyanya, disamping aplikasi pengolah vector yang lain seperti Adobe Illustrator.

Ditengah maraknya dunia jasa percetakan (grafika) dewasa ini, membuka peluang pula bagi usaha jasa setting komputer yang melayani pembuatan desain pra cetak, mulai dari desain logo perusahaan, kop surat, memo, nota, kwitansi, kartu nama, undangan , brosur, poster dll. Dan Corel Draw merupakan aplikasi yang tak asing dan menjadi teman setia bagi para setter (desainer) untuk melayani kebutuhan para pelaku jasa percetakan.

Membuat Kop Surat

Buka Aplikasi Corel Draw 12 klik start > All Program > CorelDRAW Graphics Suite 12 > CoreDRAW 12, sebelum masuk ke aplikasi tampak pada layar monitor kotak dialog “Welcome to CorelDRAW” tampak seperti pada gambar di bawah ini

corel templates new

pilik New untuk memulai dokumen baru. Pastikan kita memilih page orientation ”portrait” yang terletak pada property bar.

pengaturan template

Buat kotak sebagai guideline atau batas kop surat, klik window > Dockers > Object Manager, lalu pada Object Manager pilih panel Guides. Pilih Rectangle tool pada toolbox, buat kotak pada jendela gambar dengan ukuran lebar 195 mm dan tinggi 35 mm. Kunci guides anda dengan mengklik gambar pensil pada panel Guides. Pastikan anda mengaktifkan kembali panel Layer 1.

Pilih Text Tool. Klik pada areal gambar untuk membuat teks kop ”cv Aksaramedia Perkasa”. Atur jenis font dan size pada property bar, pada contoh kami menggunakan font atomic dengan ukuran 55 pt warna blue. Lalukan hal yang sama untuk membuat teks keterangan perusahaan ”General Contractor – Supplier” atur dengan memilih warna putih pada color palette, jenis font Trebuchet MS size 18 bold, variasikan dengan membuat kotak membungkus teks tadi. Atur rata tengah dengan memilih menu Arrange > Align and Distribute > Align Centers Vertically (C). Selanjutnya buat alamat perusahaan, pilih Text tool klik di bawah keterangan perusahaan, gunakan font arial size 11 fill blue. Di sini terlihat pada kop, keterangan perusahaan dan alamat merupakan teks yang terpisah untuk memudahkan tata letaknya. Terakhir buat dua buah garis dibawah alamat, buat ketebalan garis pertama 2 pt dan garis kedua 1 pt, aktifkan kedua garis tersebut klik kanan pada color palette di warna blue.

Sempurnakan dengan pembuatan logo perusahaan, disini menggunakan modifikasi dari huruf A pada font atomic setelah di convert to curves, divariasikan dengan lingkaran dengan menggunakan elips tool.Atur warna sesuai keinginan. Hasilnya seperti gambar di bawah ini

contoh 2 Logo kop surat

Tentunya untuk keperluan pembuatan paper plate atau aluminium plate para setter memisahkan setiap warna pada hasil desain-nya, yakni warna blue dan red.

Terima kasih


Susunan Kabel Pada Jaringan Komputer

i
2 Votes
Quantcast

1. EIA/TIA-568A & EIA/TIA-568B merupakan standar internasional pengkabelan dengan jack RJ-45 dan kabel UTP/STP kategori 3, 5, dan 6 (4 twisted pair) yang digunakan dalam teknologi ethernet dan PABX. Dua standar (A & B) digunakan untuk crossover cable. Ujung satu dengan standar A, dan ujung lainnya dengan standar B.

2. Urutan dengan standar EIA/TIA-568A (putih hijau, hijau, putih orange, biru, putih biru, orange, putih coklat, coklat) dan EIA/TIA-568B (putih orange, orange, putih hijau, biru, putih biru, hijau, putih coklat, coklat) biasa digunakan untuk interkoneksi antar hardware maupun antar jaringan. Penggunaan susunan yang lain diperbolehkan, namun harus memenuhi kriteria pada no. 3 dan seterusnya.

3. Pin 1 & 2, dalam ethernet digunakan sebagai Tx. Untuk menghindari interferensi, maka harus dijadikan 1 pair (biasanya putih orange – orange atau putih hijau – hijau) untuk memenuhi kebutuhan elektris dalam protokol high-speed-LAN.

4. Pin 3 & 6, dalam ethernet digunakan sebagai Rx. Untuk menghindari interferensi, maka harus dijadikan 1 pair (biasanya putih orange – orange atau putih hijau – hijau) untuk memenuhi kebutuhan elektris dalam protokol high-speed-LAN.

5. Pin 4 & 5 (dalam wikipedia disebut sebagai “the central two pins”) digunakan untuk membawa sinyal telepon (internet bukan hanya ethernet) atau sinyal suara dalam standar telekomunikasi. Bahkan RJ-11 bisa dimasukkan ke port RJ-45. Untuk keperluan ini, sudah seharusnya jadi 1 pair di tengah (biasanya biru – biru putih)

6. Pin 7 & 8, biasanya digunakan untuk teknologi Power over Ethernet (PoE), yaitu untuk meningkatkan power pada perangkat VOIP, wireless LAN access point, webcam, ethernet hub, komputer, dan perangkat lain yang tidak memungkinkan untuk memberikan suplai power secara terpisah.
Dalam hal ini tentunya pin 7 & 8 harus merupakan 1 pair (biasanya putih coklat – coklat).

Jadi kesimpulannya, susunan warna lain diperbolehkan, asal tiap pair tetap dibedakan penempatan berdasarkan fungsinya agar mendukung penggunaan hardware selain PC dalam jaringan.

Penjelasan gambar warna di atas:

Straight
1. Putih Orange —— 1. Putih Orange
2. Orange —— 2. Orange
3. Putih Hijau —— 3. Putih Hijau
4. Biru —— 4. Biru
5. Putih Biru —— 5. Putih Biru
6. Hijau —— 6. Hijau
7. Putih Coklat —— 7. Putih Coklat
8. Coklat —— 8. Coklat

Cross
1. Putih Orange —— 3. Putih Hijau
2. Orange —— 6. Hijau
3. Putih Hijau —— 1. Putih Orange
4. Biru —— 4. Biru
5. Putih Biru —— 5. Putih Biru
6. Hijau —— 2. Orange
7. Putih Coklat —— 7. Putih Coklat
8. Coklat —— 8. Coklat


Anatomi Serangan terhadap WLAN | WiFi

i
Rate This
Quantcast

Seorang penyusup bisa menyusup ke dalam sistem menggunakan beberapa program gratisan bisa dengan mudahnya diperoleh di internet. Ia bahkan bisa menaklukkan sebuah jaringan nirkabel hanya dalam beberapa urutan langkah. Dalam serangannya, ia bisa melakukan pemindahan massal terhadap seluruh perangkat jaringan yang diincarnya.

Berikut adalah beberapa hal yang biasa dilakukan oleh Attacker untuk menaklukkan sebuah jaringan tanpa kabel (Wifi) :

1. Melacak sinyal dari jarak jauh menggunakan kartu jaringan wireless
menggunakan antenna tambahan di luar ruangan.

2. Menjadi anonymous tak dikenal menggunakan firewall bawaan dari
produk Microsoft atau peranti lain seperti ZoneAlarm dari Zone Lab
untuk melindungi komputernya dari alat pemindai balik IDS (Intrusion
Detection System).

3. Mendapatkan IP Address, target access point, dan server DHCP
(Dynamic Host Configuration Protocol) menggunakan aplikasi seperti
NetStumbler atau program wireless client lainnya.

4. Mengeksploitasi kelemahan � kelamahan jaringan wireless dengan
cara yang tidak jauh beda dengan yang dilakukan oleh penyusup
jaringan pada umumnya. Biasanya Attacker mengincar dengan
kesalahan-kesalahan umum, misalnya : default IP, default password,
dll

5. Dengan bantuan alat protocol analyzer, penyusup melakukan sniff
gelombang udara, mengambil contoh data yang ada di dalamnya, dan
mencari MAC Address dan IP Address yang valid yang bisa dihubungi.

6. Mencuri data penting dari lalu lintas broadcast untuk memetakan
jaringan target.

7. Menggunakan peranti seperti Ethereal untuk membuka data yang
didapat dari protokol-protokol transparan seperti Telnet, POP (Post
Office Protocol), atau HTTP (HyperText Transfer Protocol) untuk
mencari data otentikasi seperti username dan password.

8. Menggunakan program lain, seperti SMAC, untuk melakukan spoofing
MAC Address dan menangkap lebih banyak paket data dalam
jaringan.

9. Melakukan koneksi ke WLAN target.

10. Memeriksa apakah ia telah mendapatkan IP Address atau tidak. Hal
ini dilakukan penyusup secara pasif sehingga sangat sulit dideteksi.

11. Menggunakan alat pemindai kelemahan system dan jaringan untuk
menemukan kelemahan pada komputer-komputer pengguna, access
point, atau perangkat lainnya.

12. Melakukan eksplorasi jaringan untuk memetakan dan
memperpanjang akes ke jaringan Wireless berikutnya.


Tips dan Cara Sharing Data Folder di Jaringan/Network Komputer PC anda – Windows

i
2 Votes
Quantcast

Tujuan dari teknik ini adalah untuk berbagi akses kepada user lain pada suatu folder yang anda inginkan. Anda bisa memilih kepada user mana saja yang bisa atau boleh mengakses folder anda dan juga bisa memberikan akses kepada semua orang yang ada pada jaringan atau network anda.

Langkah atau tahap sharing folder di windows 98/me/2000/xp :
1. Klik kanan pada folder yang anda ingin sebarkan aksesnya.
2. Pilih ‘sharing’ atau ‘sharing and security’
3. Pilih ‘share this folder to the network’ pada windows xp atau langsung menentukan folder display name.
4. Pilih siapa saja atau user mana saja yang berhak mengakses folder anda dan tipe hak aksesnya. Pilih full access jika orang lain anda bolehkan untuk melakukan edit data maupun menghapus serta menambahkan file pada folder yang disharing. Pilih read only jika orang lain hanya boleh lihat-lihat atau mengkopi file saja.
5. Pilih Ok jika anda telah melakukan pilihan.


20+ Aplikasi Membuat Game Sendiri Dengan Mudah

i
Rate This
Quantcast

Menindak lanjuti postingan artikel saya yang terdahulu tentang

Download Free 1000 Software Terbaik Full Version Gratis

Beberapa waktu lalu ada rekan blogger yang meminta saya untuk memberikan posting tentang bagaimana cara membuat aplikasi game.

pada postingan kali ini saya akan mencoba membantu rekan-rekan blogger untuk mendapatkan aplikasi pembuat game melalui link berikut.

Udah Gak sabar..???? Yuk kita kupas habis

Berikut berbagai aplikasi membuat game yang bisa digunakan siapapun yang ingin membuat game sendiri.

Membuat Game Berbasis Flash

1. AlbinoBlackSheep
http://www.albinoblacksheep.com
Disini banyak sekali game dan video termasuk tutorial tentang bagaimana membuat game berbasis flash.

2. FlashKit
http://www.flashkit.com
Disini anda bisa menemukan banyak tutorial bekerja dengan flash termasuk panduan langkah demi langkah untuk beberapa tipe game.

3. Kirupa
http://kirupa.com
Banyak sekali tutorial ekstensif untuk membuat game flash termasuk panduan untuk game-game spesifik seperti game shooter.

4. Lassie Adventure Studio
http://lassie.gmacwill.com/lower.php?section=news&page=index
Dengan aplikasi ini, anda dapat membuat gambar 2D untuk game petualangan dengan mudah dan membuat gamenya.

5. Sploder
http://www.sploder.com
Disini anda bisa membuat game flash dari berbagai macam jenis obyek dan kemudian meletakkannya pada MySpace, Blogger dan situs-situs lainnya.

Membuat Game Standard dan Panduannya

6. Anim8or
http://www.anim8or.com
Aplikasi modeling animasi 3D untuk game yang mudah digunakan.

7. Byond
http://www.byond.com
Disini anda bisa membuat game anda sendiri dengan bantuan peralatan alikasi yang sudah disediakan dan kemudian anda sharing dengan orang lain untuk mengetahui pendapat mereka.

8. Game Discovery
http://www.gamediscovery.com
Disini semua yang anda inginkan untuk membuat game ada, character making, gameplay making dan juga anda bisa menemukan ide-ide membuat game disini.

9. Martin Piecyk’s Website
http://www.pages.drexel.edu/%7Emfp27/gamemaking/
Panduan belajar bagaimana untuk membuat game dengan disertai link ke berbagai sumber.

10. VGMusic
http://vgmusic.com
Jika anda ingin menambahkan efek sound atau soundtrack game yang anda buat, anda bisa temukan disini, banyak sekali file-file midi yang bisa anda gunakan untuk keperluan game yang anda buat.

11. Visionaire2d
http://www.visionaire2d.net
Aplikasi ini dapat membantu anda membuat game petualangan 2D tanpa perlu pengetahuan programming.

12. YoYoGames
http://www.yoyogames.com
Disini anda akan temukan banyak perlengkapan untuk membuat game seperti beta testing, download, work in progress, community dan banyak lagi lainnya.

Membuat Game RPG

13. Charas-Project
http://charas-project.net
Generator karakter yang mudah digunakan untuk karakter RPG yang anda ingin buat.

14. CrankEye
http://www.crankeye.com
Ada banyak sekali panduan untuk membuat RPG seperti editor karakter, soundfile dan lain sebagainya.

15. DualSolace
http://dualsolace.com
Disini anda dapat menemukan software membuat game MMORPG 2D RealFeel.

16. FreeMMORPGMaker
http://www.freemmorpgmaker.com
Software gratis untuk membuat MMORPG termasuk membuat bagian-bagian game seperti karakter, efek dan suara.

17. PhanxGames
http://www.phanxgames.com/index.asp
Anda bisa membuat RPG dan juga disertai membuat grafis, sound file midi, wav, kemudian jika anda selesai membuatnya, anda bisa menguploadnya di situs tersebut hingga ukuran 50 MB.

18. PlayerWorlds
http://www.playerworlds.com
Aplikasi populer yang banyak digunakan untuk membuat game seri RPG.

19. RPG Maker
http://www.rpg-maker-downloads.tnrstudios.com/
Program RPG Maker di situs ini ada beberapa seri yang bisa anda pilih sesuai keinginan anda.

20. RPGCrisis
http://rpgcrisis.net
Disini anda dapat menemui berbagai download dan aplikasi untuk membuat RPG pada berbagai sistem apakah PC atau yang lainnya.

21. RPG Revolution
http://www.rpgrevolution.com
Perlengkapan dan aplikasi untuk membuat game RPG pada lebih dari 13 sistem game making berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar