TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ)
Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain :
1. Konektor RJ45
Ini Konektor yang akan menancap ke setiap perangkat yang akan dihubungkan, pemasangan harus mantap supaya komunikasi data juga bisa maksimal.
2. Kabel UTP
Ini kabel penghubung kita. Kabel UTP sebenernya ada beberapa kategori, biasanya yang dipake untuk LAN itu cat 5 dan 6.
3. Crimping Tool
Perangkat penting juga nih, digunakan untuk memasang kabel UTP ke konektor.
4. Kabel Tester
Untuk memastikan kabel yang sudah dibuat bisa digunakan, bisa menggunakan alat ini.
Langkah – langkah MengCrimping Kabel, antara lain:
1. Kupas kabel UTP menggunakan pengupas yang sudah disediakan oleh tank crimping. Kupas perlahan hingga kedelapan kabel terlepas. Hati-hati jangan sampai memotong atau mengelupas salah satu dari kedelapan kabel tersebut.
2.Urutkan kabel-kabel itu dari kiri ke kanan dengan urutan seperti ini: orange strip; orange; hijau strip; biru; biru strip; hijau; coklat strip; coklat
3.Potong, Luruskan dan ratakan kedelapan kabel yang sudah diurutkan tadi. kita harus memangkasnya agar rata, anda bisa menggunakan gunting atau bisa juga menggunakan tools yang telah tersedia di tank crimping. Untuk menjaganya tetap rapi ketika memasang konektor nanti, pangkaslah hingga menyisakan kira-kira sepanjang ruas atas ibu jari anda lebih sedikit
4.Pasang konektor RJ45 seperti pada gambar. Perlahan, tapi pasti masukkan konektor hingga kedelapan kabel menempati ruangannya
5.Setelah anda memastikan kedelapan kabel masuk ke kompartemennya masing-masing, gunakan tank crimping untuk menjepit kabel dengan konektor. Ketika kabel sudah terjepit dengan konektor, otomatis kabel akan langsung terkelupas karena tertusuk oleh elemen tembaga yang ada di konektor.
6.Jepitlah hingga anda mendengar bunyi klik. Kadang-kadang nggak kedengeran sih kalau konektornya super murahan. Tapi yang penting pastikan semua kabel terjepit dengan rapi
7.Setelah selesai, lakukan pengetesan dengan menggunakan cable tester. masukkan ujung kabel yang sudah diberi konektor ke dalam lubang RJ45 di dalam tester.
Nyalakan tester. Biasanya ada 2 mode, normal dan speed. Jika semua lampu (lampu 1 hingga 8 ) menyala, berarti anda sudah benar. Jika lampu tidak menyala atau nyala tidak berurutan, berarti ada yang salah. Harus dibongkar lagi.
Dari 8 kabel (4 pair) kabel UTP, yang terpakai sebetulnya hanya 4 kabel (dua pair). dua kabel untuk TX atau transfer data dan dua kabel untuk RX atau menerima data. Walaupun hanya empat kabel yang terpakai, kita tidak boleh sembarangan mengambil kabel mana saja yang akan dipakai. Kabel yang dipakai haruslah dua pair atau dua pasang. Tanda kabel satu pasang adalah kabel tersebut saling melilit dan memiliki warna / stripe yang sama. Menurut standar TIA/EIA-568-B pasangan kabel yang dipakai adalah pasangan orange-orange putih dan hijau-hijau putih. Sementara pin yang dipakai dari delapan pin yang dimiliki RJ-45 yang terpakai adalah Pin nomor 1-2 untuk TX, dan pin nomor 3-6 untuk RX. sementara nomor 4-5-7-8 tidak terpakai untuk transmit dan receive data.
1. putih hijau
2. hijau
3. putih oranye
4. biru
5. putih biru
6. oranye
7. putih coklat
8. coklat
Standar 568 B memiliki kode warna kabel :
1. putih oranye
2. oranye
3. putih hijau
4. biru
5. putih biru
6. hijau
7. putih coklat
8. coklat
(kabel diurut dari sebelah kiri, gagang pengait konektor ada dibawah)
STRAIGHT : kondisi dimana kedua ujung kabel memiliki urutan warna yang sama (A-A atau B-B). Biasanya dipakai dari switch ke PC.
CROSSOVER : kondisi dimana kedua ujung kabel memiliki urutan berbeda (A-B atau B-A). Biasanya dipakai dari PC ke PC.
KOMUNIKASI DATA
PENGERTIAN :
Komunikasi Data adalah suatu himpunan interkoneksi (interconnected) sejumlah komputer autonomous. Komputer Autonomous = komputer yang tidak diketahui siapa pemiliknya. 2 buah komputer dikatakan saling tersambung bila keduanya dapat saling bertukar informasi.
Bentuk hubungannya melalui :
-
Kawat tembaga
-
serat optik
-
gelombang mikro
-
satelit komunikasi
Peranan Telekomunikasi :
-
ATM
-
Telekonferensi→hubungan dengan banyak objek
-
Telecommuniting→suatu komunikasi yang tidak harus dikantor, mengerjakan pekerjaan tidak harus dikantor.
-
Komputasi Grup Kerja (Workgroup Computing) →benyuk jaringan kerja kantor
-
EDI (Electronic Data Interchange) →pertukaran data secara elektronik & digunakan untuk bisnis.
Isyarat = signal
Mengenal Jenis Signal
-
Signal Analog
Adalah signal yang bersifat kontinyu yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang dengan ciri memiliki amplitudo & frekuensi.Signalnya disebut Signal sinusional.
Contoh : SW / AM
-
Signal Digital
Adalah signal diskret yang tersusun atas 2 keadaan yang disebut BIT yaitu keadaaan 0 dan 1.Signal Diskret = gelombang patah.
Contoh : FM
Laju Data,dapat dinyatakan dengan :
-
Laju Bit (Bit Rate) → kecepatan Bit perdetik
-
Laju Baud (Baud Rate) → kecepatan data yang melalui kanal komunikasi. Kanal = penyebar transmisi
Spektrum Frekuensi, yaitu suatu isyarat / signal yang menyatakan jangkauan frekuensi yang dikandung oleh isyarat.
Transmisi Serial & Paralel
-
Transmisi Serial → dimana transmisinya pada setiap waktu hanya 1 bit yang dikirimkan secara bergantian.
-
Transmisi Paralel → sejumlah bit dikirimkan per waktu.
Konfigurasi Jalur Komunikasi, yaitu cara menghubungkan peranti-peranti yang hendak berkomunikasi.
-
Titik ke titik (Point to point)
Menghubungkan secara khusus 2 buah peranti yang hendak berkomunikasi yang dapat diterapkan pada 2 buah komputer yang berkomunikasi.
-
Multi titik (Multipoint)
Hubungan yang memungkinkan sebuah jalur dapat digunakan oleh sejumlah peranti yang berkomunikasi.
Nano Device=perangkat-perangkat yang multifungsi
Arah Transmisi
-
Simplex, yaitu arah transmisi yang hanya memungkinkan isyarat mengalir 1 arah.
-
Half-Duplex, yaitu hubungan 2 arah yang hanya dapat dilakukan secara bergantian.→chatting, Walki talki
-
Full-Duplex, yaitu hubungan 2 arah yang dapat dilakukan secara bersamaan.→Hp,telepon.
Mode Transmisi
-
Transmisi Asinkron (Asynchronous Transmision)
yaitu mengirimkan data per karakter dengan diawali 1 bit dan di akhiri dengan ½ bit.
-
Transmisi Sinkron (Synchronous Transmision)
yaitu mengirimkan data per blok (sejumlah karakter).
Multiplexing
Adalah proses untuk mengirimkan sejumlah isyarat melalui suatu media transmisi & dapat dilakukan dengan teknik :
-
FDM (Frequency-Division Multiplexing), diterapkan pada media komunikasi yang broadband (jalur-lebar), yaitu media komunikasi yang memungkinkan sejumlah saluran dibentuk.→Speedy (Voice & data dipisah)
-
TDM (Time-Division Multiplexing), digunakan pada media transmisi yang memiliki sifat baseband (jalur-sempit), yaitu media yang hanya memiliki satu jalur.→Dial up/Telkomnet Instant (Voice & data digabung).
Media Transmisi
-
Media Berkabel
-
Kabel pasangan terpilin (Twisted Pair)
Unshielded Twisted Pair (UTP)=kabel belitan ganda tak berpelindung. Contoh :
-
Kabel Koaksial (Coaxial Cable / Coax)
a. Thicknet Coaxial Cable, disebut Kabel 10 base 5
b. Thinnet Coaxial Cable, disebut Kabel 10 base 2. Merupakan kabel untuk Antena TV
-
Kabel Serat Optik (Fiber Optic)
Keuntungan-keuntungan Fiber Optic :
- memiliki tingkatan & transmisi data & bandwitch yang tinggi.
- mimiliki ukuran & berat yang kecil
- memiliki Degradasi yang rendah (kemungkinan kehilangan data rendah)
- memiliki keamanan data yang tinggi
-
Media Tak Berkabel
- Mikro gelombang / Gelombang mikro (Microwave) → gelombang radio yang menggunakan frekuensi tinggi. Biasa disebut dengan Transmisi Garis Pandang. Karena disebabkan antara pengirim & penerima harus dalam garis pandang / garis lurus.
- Satelit → Jenis Satelit :
1. GEO (Geostationary Earth Orbit) → ketinggian orbit 23 300 mil di atas permukaan bumi
2. MEO (Medium Earth Orbit) → ketinggian orbit 6000 mil di atas khatulistiwa
3. LEO (Low Earth Orbit) → ketinggian orbit 400/1000 mil diatas permukaan bumi.
- Gelombang Radio → digunakan untuk mengirimkan suara & data
- Inframerah / Infrared → menggunakan gelombang radio Ultra tinggi satuannya mm (mili meter).
Jaringan Komputer (Computer Network)
Manfaat penggunaan jaringan :
-
Berbagi perangkat keras → dapat melakukan Sharing terhadap perangkat keras.
-
Berbagi program atau data
-
Mendukung kecepatan berkomunikasi
-
Memudahkan pengaksesan informasi.
Klasifikasi Jaringan Komputer
Ditinjau dari geografis jaringan dapat dibagi :
-
Local Area Network (LAN) → adalah jaringan milik pribadi didalam sebuah gedung atau kampus. Atau jaringan komputer yang mencakup area dalam 1 ruang, 1 gedung atau beberapa gedung yang berdekatan.
Menurut tipenya LAN dapat berupa :
1. Client / Server → perangkat-perangkatnya pada server, servisnya oleh Client
2. Peer to peer → satu per satu komputer
-
Metropolitan Area Network (MAN) → adalah jaringan komputer yang mencakup area 1 kota dengan rentang sekitar 10-45 km.
-
Wide Area Network (WAN) → mencakupi daerah geografis yang luas, sebuah negara atau benua.
Topologi Jaringan
Adalah istilah yang digunakan untuk menguraikan cara dimana komputer terhubung dalam suatu jaringan. Topologi Fisik menguraikan layout aktual dari perangkat keras jaringan. Topologi Logika menguraikan perilaku komputer pada jaringan, dari sudut pandang operator manusianya.
-
Topologi Fisik → kebanyakan jaringan menggunakan salah satu dari 2 jenis topologi fisik, yaitu :
-
Linear BUS → semua simpul dihubungkan melalui kabel yang disebut dengan Bus.
-
Ring → informasi dikirimkan oleh sebuah komputer & akan melewati 1 komputer ke komputer 1 nya.
-
Star → memiliki komponen yang bertindak sebagai pusat pengontrol komunikasi / disebut dengan Concentrator
Topologi Pohon
Protokol Komunikasi → suatu cara yang digunakan untuk melaksanakan pertukaran data (pesan) antara 2 buah sistem dalam jaringan dengan standar OSI yang ditentukan ISO.
Standar OSI dapat di definisikan dengan 7 lapisan, yaitu :
-
LAPISAN FISIK → kegunaannya menjamin pengiriman data dalam bentuk deretan Bit melalui media transmisi dari simpul ke simpul lainnya.
-
LAPISAN DATALINK → kegunaannya mejamin blok data yang mengalir ke lapisan jaringan benar-benar bebas dari kesalahan.
-
LAPISAN JARINGAN → kegunaannya mengatur rute paket data dari simpul sumber ke simpul tujuan dengan memilihkan jalur-jalur koneksi.
-
LAPISAN TRANSPORT → kegunaannya menyediakan hubungan yang handal antara 2 buah simpul yang berkomunikasi.
-
LAPISAN SESI → kegunaannya membentuk, memelihara, & menghentikan koneksi antara 2 buah aplikasi yang sedang berjalan pada simpul -simpul yang berkomunikasi.
-
LAPISAN PRESENTASI → kegunaannya melakukan pengkonversian pesan.
-
LAPISAN APLIKASI → kegunaannya menyediakan layanan komunikasi dalam bentuk program aplikasi.
Interkoneksi Antar Jaringan
Yang menyatakan hubungan antara 2 buah jaringan atau lebih dengan menggunakan peranti-peranti khusus, yaitu :
-
Kartu Penghubung Jaringan (Network Interface Card=NIC)
-
HUB (Konsentrator)
-
Repeater
Kegunaan Repeater : untuk memulihkan signal yang kurang kuat signalnya. Repeater juga biasa digunakan pada jaringan yang bertopologi BUS untuk memperpanjang jangkauan jaringan.
-
Bridge
Diperlukan jika terdapat 2 buah jaringan yang bertipe sama / yang bertopologi berbeda akan tetapi yaitu menghendaki agar lalu lintas data lokal dari masing-masing jaringan tidak saling mempengaruhi jaringan yang lainnya.
-
Router
Kegunaannya untuk menghubungkan 2 buah jaringan yang berbeda tipe / topologi maupun protokolnya. Router dipakai untuk melindungi jaringan komputer dari pihak luar yang ingin mengakses jaringan.
-
Gateway
Berfungsi untuk menghubungkan 2 buah jaringan yang memiliki protokol yang berbeda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar