Gitar bass
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gitar bass listrik (biasa disebut Bass listrik atau bass saja) adalah alat musik dawai yang menggunakan listrik untuk memperbesar suaranya. Penampilannya mirip dengan gitar listrik tapi ia memiliki tubuh yang lebih besar, leher yang lebih panjang, dan biasanya memiliki empat senar (gitar listrik memiliki enam senar).
Tambahan:
Bobot dari bass sendiri idealnya lebih berat daripada gitar listrik biasa, karena senarnya yang lebih tebal (untuk menjaga kerendahan nada/bunyi) sehingga menyebabkan harus memilih kayu yang lebih padat dan keras untuk menyeimbangi tekanan pada neck (leher gitar).
Selain itu ukuran fret (kolom pada gitar) yang lebih besar yang disesuaikan dengan ketebalan senar.
Ada banyak jenis bass yang dipakai sampai dengan saat ini. Yang paling banyak dipakai berupa contra bass dan cello bass (yang biasa digunakan untuk pertunjukan opera), bass listrik (biasa digunakan untuk semua jenis pertunjukan terutama band) serta bass fretless yang sama dengan bass listrik tapi tidak ada fret (kolom/pembatas pada papan tekan/neck) pada bass tersebut. Prinsip kerja bass fretless mirip dengan contra/cello bass hanya saja berbentuk gitar listrik.
[sunting] Senar dan Penalaan (Tuning)
- Biasanya ditalakan ke "G-D-A-E", "G-D-A-D", "G-D-G-D", "D-A-E-B", "D-A-D-B (biasanya pola ini dpakai untuk musik-musik underground/ open D), "F-C-G-D" atau "F-C-G-C"
- Biasanya ditalakan ke "G-D-A-E-B" tapi kadang-kadang "C-G-D-A-E".
- Biasanya ditalakan ke "A-B-C-D-E-F" atau "C-G-D-A-E-B", walaupun "E-B-G-D-A-E" juga suka dipakai.
Penalaan di atas diurutkan berdasarkan nomor senar (senar 1, senar 2, dan seterusnya), di mana senar 1 adalah senar terbawah dari gitar bass (senar yang paling tipis).
Pemain bass memilih menggunakan bass dengan lima senar atau pun enam senar dikarenakan lebih luasnya jangkauan nada yang bisa dimainkannya. Bass bersenar enam jarang dipakai daripada bass bersenar empat dan bass bersenar lima. Biasanya bass bersenar enam ini banyak dipakai oleh pemain bass beraliran jazz, walaupun tidak dimungkiri pemain beraliran rock-pun ada juga yang memakainya, dikarenakan lebih luasnya jangkauan nada yang bisa dimainkannya.
Sebelum Mempelajarinya Kita Harus Mengenal Apa Itu Gitar Bass
Gitar bass listrik (biasa disebut Bass listrik atau bass saja) adalah alat musik dawai yang menggunakan listrik untuk memperbesar suaranya. Penampilannya mirip dengan gitar listrik tapi ia memiliki tubuh yang lebih besar, leher yang lebih panjang, dan biasanya memiliki empat senar (gitar listrik memiliki enam senar).
Tambahan:
Bobot dari bass sendiri idealnya lebih berat daripada gitar listrik biasa, karena senarnya yang lebih tebal (untuk menjaga kerendahan nada/bunyi) sehingga menyebabkan harus memilih kayu yang lebih padat dan keras untuk menyeimbangi tekanan pada neck (leher gitar).
Selain itu ukuran fret (kolom pada gitar) yang lebih besar yang disesuaikan dengan ketebalan senar.
Ada banyak jenis bass yang dipakai sampai dengan saat ini. Yang paling banyak dipakai berupa contra bass dan cello bass (yang biasa digunakan untuk pertunjukan opera), bass listrik (biasa digunakan untuk semua jenis pertunjukan terutama band) serta bass fretless yang sama dengan bass listrik tapi tidak ada fret (kolom/pembatas pada papan tekan/neck) pada bass tersebut. Prinsip kerja bass fretless mirip dengan contra/cello bass hanya saja berbentuk gitar listrik.
[sunting] Senar dan Penalaan (Tuning)
* Empat senar
Biasanya ditalakan ke "G-D-A-E", "G-D-A-D", "G-D-G-D", "D-A-E-B", "D-A-D-B (biasanya pola ini dpakai untuk musik-musik underground/ open D), "F-C-G-D" atau "F-C-G-C"
* Lima senar
Biasanya ditalakan ke "G-D-A-E-B" tapi terkadang "C-G-D-A-E".
* Enam senar
Biasanya ditalakan ke "A-B-C-D-E-F" atau "C-G-D-A-E-B", walaupun "E-B-G-D-A-E" juga suka dipakai.
Penalaan di atas diurutkan berdasarkan nomor senar (senar 1, senar 2, dan seterusnya), di mana senar 1 adalah senar terbawah dari gitar bass (senar yang paling tipis).
Pemain bass memilih menggunakan bass dengan lima senar atau pun enam senar dikarenakan lebih luasnya jangkauan nada yang bisa dimainkannya. Bass bersenar enam jarang dipakai daripada bass bersenar empat dan bass bersenar lima. Biasanya bass bersenar enam ini banyak dipakai oleh pemain bass beraliran jazz, walaupun tidak dimungkiri pemain beraliran rock-pun ada juga yang memakainya, dikarenakan lebih luasnya jangkauan nada yang bisa dimainkannya.
1. Langkah pertama sebelum memulai latihan biasakan pemanasan dengan peregangan pada persendian tangan kita.
2. Mulai dari tempo yang lambat. Pelajari terlebih dahulu pola fingering yang akan di latih sampai terkuasai. Jangan paksakan jari kita untuk menekan terlalu keras pada neck bass. Tekanan pada senar bass yang ideal agar menghasilkan bunyi yang baik namun jari tetap terkontrol ialah dengan memulai dari tempo lambat sampai anda menemukan tekanan yang ideal.
3. Setelah semua terkontrol mulai latihan menggunakan metronome pada tempo lambat sekitar 80 beat/menit. Kemudian beri waktu anda melatih di tempo ini sekitar 3 menit s/d 5 menit, "Ingat jangan memanjakan jari kita, cape dikit wajar". Dan yang paling penting ialah jangan banyak berhenti, usahakan dalam waktu 3 menit tersebut anda tidak terputus-putus melatih satu pola fingering.
4. Naikan tempo secara perlahan dengan metronome dan lakukan pola seperti langkah di atas. Temukan batas maksimal speed anda, yaitu dengan kecepatan tertinggi namun tetap terkontrol dan bunyi nada tetap jelas. kecepatan akan didapat setelah power jari tangan kita terbentuk dengan baik. Jadi jangan memaksakan kecepatan jika power ideal anda belum terbentuk. Ingat pada tempo/ kecepatan apapun tubuh anda harus tetap rileks. dan titik tumpuan power berada pada jari dan tangan anda.
5. Tidak ada sesuatu yang instan dalam melatih fingering bass, salah satu syaratnya adalah konsisten. Lakukan pola latihan tiap hari minimal 1 jam anda melatih fingering. Dan jangan coba-coba meloncat pada pola fingering yang baru sebelum pola yang sedang di pelajari sekarang benar-benar maksimal. Terus kembangkan pola-pola fingering yang lebih menantang, sesuai dengan kebutuhan anda dalam bermain bass.
6. Rileks, nikmati, sabar, positive thingking, konsisten, disiplin, kreatif. akan mempercepat sesuatu dan anda akan terkesima melihat kemajuan anda. Semua datang melalui proses bukan kita yang hebat.
Band itu gak bergetar tanpa adanya suara bass yang menggelegar. Cuma empat and gak enam, but suaranya bro .... Abisss Coy ...
Tapi bass itu cuma alat, so harus ada yang ngemaininnya. Dan diantara berjibun orang yang bisa main bass, pasti ada yang istimewa dari sekian banyak yang ngemaininnya.
Dan berikut ini adalah urutan 10 bassis terbaik kelas dunia :
1. Cliff Burton (Metallica)
Clifford Lee Burton (10 Februari 1962 - 27 September 1986) adalah seorang bassis Amerika dikenal sebagai pemain bas American thrash metal band Metallica. Sebagai seorang bassis ia membuat berat menggunakan distorsi dan efek (beberapa dari yang biasanya berhubungan dengan non-gitar bass), terbaik dicontohkan pada bagian tanda tangannya, "(Anesthesia) Pulling Teeth". Burton menjadi pengaruh awal penting dalam menciptakan gaya musik yang unik yang Metallica menjadi terkenal. Burton bergabung dengan band pada tahun 1982 dan dilakukan pada album debut mereka, Kill 'Em All. Burton dilakukan pada dua album Metallica, Ride the Lightning dan Master of Puppets, yang keduanya bertemu dengan komersial utama dan penentu keberhasilan. Burton anumerta dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame dengan Metallica pada 4 April 2009. Burton meninggal ketika bus wisata band tergelincir dan jatuh di Swedia.
2. Michael "Flea" Balzary (Red Hot Chili Peppers)
Lahir pada 16 Oktober 1962 di Melbourne, Australia, Balzary dan keluarganya pindah ke Los Angeles ketika ia masih seorang anak. Tidak seperti remaja lain, Michael cinta pertama musik jazz (bukan hard rock yang diharapkan), ketika ia berkonsentrasi pada penguasaan sangkakala saat menghadiri Fairfax High School. Saat itu sekitar waktu itulah ia bertemu dengan dua siswa Fairfax lain yang pada akhirnya akan mengubah hidupnya - gitaris Hillel Slovak dan penyair Anthony Kiedis. Trio segera menjadi tak terpisahkan, seperti yang diajarkan Slovak Balzary (yang di waktu ini dinamai kembali 'Flea') cara bermain bass dan akhirnya berpaling kepadanya pada keajaiban musik rock melalui Jimi Hendrix dan punk rock. Paling dikenal sebagai anggota integral salah satu dari 80-an-90-an band rock paling populer, Red Hot Chili Peppers, Flea (nama asli Michael Balzary) secara luas dianggap sebagai salah satu batu yang paling berbakat bassists. Dengan menggabungkan gaya funk bass (à la Funkadelic) dengan psychedelic, punk, dan hard rock, ia menciptakan sebuah gaya bermain asli yang telah disalin beberapa kali.
3. Geddy Lee (Rush)
Geddy Lee adalah dikenal sebagai vokalis, bassis, dan pemain keyboard untuk grup rock Rush, yang juga menampilkan drummer Neil Peart dan gitaris Alex Lifeson. Rush adalah yang paling sukses grup musik Kanada dalam sejarah, dan merupakan ketiga penjual paling produktif berturut-turut (Amerika) Gold dan Platinum Records dan video, hanya di belakang The Beatles dan Rolling Stones. Lee spektakuler kemampuan bermain bass-nya telah menerima sebuah reputasi yang serupa dengan bandmates nya. Ketiganya berbagi perbedaan menjadi salah satu yang paling sangat berpengaruh virtuoso dalam kerajinan mereka. Ia juga terkenal karena Wizard-seperti kemampuan bermain bass saat ia nya untuk menyulap magis dari bass, bernyanyi, bermain keyboard, dan memicu sendiri menyertai pra-direkam selama pertunjukan live, semua tetap menjaga ciri khasnya antusiasme sebagai Rush's " penyanyi ".
4. Les Claypool (Primus)
Edward Leslie "Les" Claypool (lahir 29 September 1963 di Richmond, California, Amerika Serikat) adalah seorang musisi, paling dikenal sebagai bassist di band. Claypool's funky, gaya permainan kreatif pada bass listrik Mixes jari-penyadapan, flamenco-seperti memetik, seorang Larry Graham-seperti menampar teknik, dan pengaruh Geddy Lee. Dia adalah seorang multi-instrumentalis, novelis, musik produser, sutradara film, pembuat anggur, dan keranjingan nelayan. Claypool juga telah diproduksi dan direkayasa diri solonya rilis dari studio sendiri "Rancho Relaxo". 2006 melihat pembebasan penuh panjang film Apricot Electric ditulis dan disutradarai oleh Claypool juga sebagai novel perdana dari Pumphouse Selatan.
5. Billy Sheehan (Mr. Big)
William 'Billy' Sheehan (lahir pada 1953 Maret 19 di Buffalo, New York) adalah seorang Amerika bassis terkenal karena karyanya dengan Talas, Steve Vai, David Lee Roth, Mr Big , and Niacin . Besar, dan Niacin. Sheehan telah memenangkan "Best Rock Bass Player" pembaca 'polling dari Majalah Guitar Player lima kali untuk "memimpin bass" gaya bermain. Guitar Player telah disamakan dengan bermain solo di empat senar instrumen untuk Eddie Van Halen' s pada enam-string gitar. Sheehan's repertoar termasuk penggunaan chording, dua tangan menekan, tangan kanan "tiga jari memetik" teknik dan dikendalikan umpan balik. Namun, Sheehan juga tercatat sebagai yang stabil "benar" bassis, memenuhi peran tradisional mendukung bass listrik di batu rhythm section. Dia telah menjadi anggota Gereja Scientology sejak 1971 dan muncul di jalan yang menawarkan untuk mempertahankan selama Proyek Chanology.
6. John Entwistle (The Who)
John Alec Entwistle (9 October 1944-27 Juni 2002) adalah seorang Inggris gitaris bass, pencipta lagu, penyanyi, dan tanduk pemain, yang paling dikenal sebagai gitaris bas band rock The Who. Suara-Nya memimpin agresif dipengaruhi banyak batu pemain bass. Dia telah disebut bassis terbesar dalam sejarah musik rock. Entwistle memimpin digunakan pendekatan instrumen pentatonik memimpin baris, dan kemudian-biasa trebly suara yang dibuat oleh roundwound RotoSound string bass baja. Dia memiliki koleksi lebih dari 200 instrumen pada saat kematiannya, yang mencerminkan berbagai merek yang digunakan di atas karirnya: Fender dan Rickenbacker Bassis pada 1960-an, Alembic 's Basses pada 1970-an, Warwick pada 1980-an, dan Status semua - grafit Bassis pada 1990-an.
7. John Myung (Dream Theater)
John Ro Myung adalah seorang bassist dan anggota pembentuk grup progressive metal Dream Theater.Dia merupakan satu-satunya anggota Dream Theater yang memiliki keturunan Asia yaitu korea. Lahir pada tanggal 24 Januari 1967 di Chicago dan besar di Long Island, New York.Ibunya sering mendengarkan music classic saat dia masih kecil, dan saat Myung muda berusia 5 tahun, dia mengambil kursus biola. Kemudian saat John Myung berusia 15 tahun, tetanggaNya mendekatinnya untuk memainkan Bass pada band tetangganya tersebut, kemudian Myung berasumsi bahwa Bass mempunyai 4 senar sama dengan biola, jadi dia dapat mempelajarinnya dengan cepat dan sejak saat itu dia beralih ke Bass guitar dan sejak saat itu dia tak pernah lagi memainkan biola. Lagu yang pernah diciptakannya untuk Dream Theater ialah Learning To Live pada album Images and Words dan Trial of Tears pada album Falling Into Infinity. dia mempunyai project lain selain dream theater yaitu Jelly jam.
8. Steve Harris (Iron Maiden)
Stephen Percy "Steve" Harris (lahir 12 Maret 1956) adalah seorang Inggris musisi, paling dikenal sebagai bassis, band utama pemimpin dan penulis lagu dari heavy metal band. Selain itu, dia bermain keyboard, dan menyanyi backing vokal. Ia mendirikan band sebagai remaja pada tahun 1975. Dia dan Dave Murray adalah satu-satunya anggota band telah muncul pada semua band's album, dan sebagai Murray meninggalkan band selama beberapa bulan sebelum album pertama untuk bergabung Urchin, Harris adalah satu-satunya anggota untuk tetap tinggal di band seluruh para durasi. Ia digunakan untuk bekerja sebagai arsitektur penggambar di East End of London tetapi menyerahkan pekerjaannya atas membentuk Iron Maiden.
9. P-nut (311)
Aaron Charles Wills (nama panggung: P-Nut), (lahir 5 Juni 1974 di Indianapolis, Indiana) adalah seorang Amerika musisi, bassis untuk band 311, dan produser musik / bassis untuk band Hollows Ikuti. Wasiat adalah bassis untuk dan anggota termuda dari 311. Ia adalah anak seorang Angkatan Udara / Vista Care Hospice pendeta. Sebelum bergabung dengan 311, dia punya pekerjaan sebagai pencuci piring di Shoney's selama satu minggu. P-Nut memainkan biola sebelum gitar bass. P-Nut dikutip mengatakan bahwa John Norwood Fisher telah mempengaruhi dia ke Warwick bass gitar. Tanda tangannya dia bermain Warwick Tahap II, 5 String bass gitar melalui Jonas Warwick Sistem Amplifikasi Hellborg. P-Nut juga merupakan pendukung kuat Los Angeles Lakers, sering mengenakan kaus mereka sambil bermain menunjukkan. Ketika 311 mengambil istirahat sejenak setelah mereka Tour 2006 Summer Kesatuan, P-Nut mulai bermain dengan sebuah band bernama Hollows Ikuti. Dia melakukan debut sebagai produser musik dan dirilis pertama band full album Ulang Tahun Pertama Juni 2007. Seiring dengan memproduksi dan bermain gitar bass bagi Hollows Ikuti, P-Nut telah mencatat biola, tegak bass, dan berbagai perkusi instrumen.
10. Tetsuya Ogawa (L’arc en ciel)
Tetsuya Ogawa 3 Oktober 1969 (umur 40) adalah seorang pendiri, pemain bass, dan pemimpin grup musik terkenal Jepang, L'Arc~en~Ciel. tetsu (semua huruf kecil) juga dikenal sebagai solo artis TETSU69 (semua huruf besar), angka 69 mencerminkan tahun kelahirannya. Namun sejak awal tahun 2007, seiring dengan rilis singel Can't Stop Believing, nama TETSU69 berubah menjadi tetsu. Tahun 2006, tetsu menjadi tamu tetap untuk band Creature Creature, sebuah band ciptaan vokalis legendaris band Jepang, Morrie dari band Dead End. Tetsu terkenal karena permainan bassnya yang tidak biasa, liar, dan cenderung rumit. Selain itu, tetsu juga dikenal sebagai artis yang dandanannya paling mencolok di antara anggota L'Arc~en~Ciel lainnya. Pada tahun 1999, dia sempat tenar dengan seri sepatu Bufallo, sebuah sepatu dengan sol setebal 15 cm. Sejak tahun 2003, dia lebih suka berdandan dengan menggunakan celana motif kotak-kotak dan kilt dengan motif yang sama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar