Senin, 24 Januari 2011

Grant Collins Master Drum “Berkaki Empat”

Saya diberitahu bang Yeppy(Manager Promosi Artist PT. Citra Intirama) mengenai kedatangan Grant Collins ke Indonesia untuk memberikan klinik Pearl dan Zildjian. Beberapa tahun lalu, drummer asal Australia ini juga pernah datang dan memberikan klinik di Indonesia dalam acara Zildjian Day. Tidak jauh berbeda penampilan drummer lulusan Queensland University of Technology ini selalu memukau.


grant
Saya memperhatikan permaiananya sangat dinamis dan ajaibnya kakinya sangat lincah dan seperti tidak terasa memainkan pedal bass drum sehingga ada yang nyebut dia itu ‘memiliki kaki empat’, saya terpukau melihat aksi solo Grant Collins. Selain permainan tangannya yang seperti menggoreng diatas membran-membran drum, aksi kakinya pada kick justru bisa menimbulkan berbagai bunyi yang tidak mudah dilakukan oleh sembarang orang.
Bagaimana melakukannya ? Pertanyaan inilah yang ada dibenak semua orang. Dengan santai peraih “Australia Best Up and Coming Drummer Competition” di Melbourne pada tahun 1996 ini menjawab “latihan….latihan….dan latihan….”.

Settingan Drum Mega Kits Pearl Master MMX in Antique Golda adalah sebagai berikut :
grant
1. 7×10 tom
2. 3×12 snare
3. 16×18 bass drum
4. 3×10 tom
5. 14×18 bass drum (mounted off rack)
6. 3×10 tom/snare
7. 3×12 snare (played with foot)
8. 7×8 tom
9. 10×14 tom
10. 7×8 tom
11. 8×8 tom
12. 16×20 bass drum
13. 7×12 tom/snare
14. 8×10 tom
15. 16×20 bass drum
16. 8×12 tom
17. 9×13 tom
18. 10×14 tom
19. 13×16 tom
20. 14×16 tom
21. 16×22 bass drum
22. 8” timbale

© GRANT COLLINS

Kalau dibandingkan konfigurasi drum set saya di Medan,...kalah jauh :D

Mengenai drumkits yang cocok untuknya, secara jujur Grant Collins yang juga akan terlibat dalam konser “Tribute To James F Sundah” yang akan di gelar di Jakarta, mengaku sudah sesuai dengan drumkits Pearl tipe MMX - 927 X HP yang digunakannya saat ini. “Pas untuk permainan saya tapi dengan waktu dan tren yang terus bergulir. Tentunya ada penambahan dan setting drum yang saya gunakan . Begitu pula dengan cymbalnya. Tapi sejauh ini, saya sudah cukup puas dengan drumkits saya”, Grant Collins mengakui drum kits yang digunakannya ini banyak membantu ketika ia menggarap 2 buah album solonya yang sudah dipasarkan, yaitu “Primal Instinct” dan “Dog Boy”.

Saya senang sekali bisa tampil di Indonesia . ” Terima kasih untuk support-nya dan doakan semua proyek saya di tahun ini bisa berjalan dengan baik….. so …sampai ketemu lagi.” Ok

grant

grant

Beberapa data diambil dari www.grantcollins.com dan Majalah Audio Pro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar