Selasa, 18 Januari 2011

PERBAIKAN PERIPHERAL


Sebelum melakukan perbaikan peripheral anda perlu melakukan diagnosa awal kerusakan pada peripheral tersebut, kemudian menentukan langkah -langkah perbaikan dengan baik dan melakukan cek ulang fungsi peripheral tersebut untik melihat hasil perbaikan tadi.Untuk melakukan perbaikan peripheral dibutuhkan alat bantu / toolkit:
a) Obeng
merupakan alat yang penting dalam melakukan perbaikan peripheral yaitu untuk membongkar peripheral yang akan diperbaiki. Obeng ada bernacam- macam diantaranya ada obeng min, obeng plus, sampai obeng bintang. Untuk melakukan perbaikan peripheral diperlukan obeng berbagai ukuran.
b) Tang
Untuk melakukan perbaikan peripheral juga diperlukan tang kombinasi, tang cucut.Tnag cucut banyak digunakan memegang kepalaskrup atau jumper yang kecil.
c) Kuas
digunakan untuk membersihkan komponen peripheral dari debu dan kotoran yang menjadi penyanbabkkerusakan peripheral karena masalh kotoran yang mengahmbat kerja komponen peripheral.
d) Kain kering atau tisu dan cairan pembersih
tisu digunakan unutk membersihkan kotoran kering yang sulit dibersihkan dengan menggunakan kuas atau facum cleaner yaitu kotoranatau debu yang sangat tebal yang dapat mengahmbeat linerja peripheral.Tisu juga digunakan untuk memperlancar aliran tinta pada catirdge, sedangakan cairan peembersih digunakan untuk membersihkan casing monitor,body monitor dan body printer.
komponen peripheral yang diperbaiki:

1) Keybord
ada beberapa kerusakan yang mungkin terjadi pada keyboard:
a. keyboard tidak terdeteksi oleh PC
kerusakan yang serung terjadi pada keyboard adalh tidak dikenalinya keyboard saat proses booting dan muncul pesan kesalahan keyboard error. Jika terjadi hal seperti ini kemungkinan kabel keyboard belum tertancap dengan benar, coba anda pastikan apakah kabel tersebut sudah tertancap dengan benar, untuk memastikan coba cabut dan tancapkan kembali kabel tersebut untuk memastikan koneksinya.Jika masih belum terdeteksi oleh PC coba ganti keyboard tersebut dengan keyboard lain jika ternyata bisa beraryi keyboard anda tadi rusak, jika masih tidak bisa berarti port keyboard anda yang menganlami kerusakan.
b. tombol keyboard tertekan terus
permasalahn ini terjadi dikarenakan banyaknya debu yang terdapat pada tombol keyboard anda. untuk itu lepas keyboard anda dari Pc dan bersihkan dengan menggunakan penyedot debumini atau dengan kuas.

2) Mouse
a. mouse tidak terdeteksi oleh PC
muose tidak terdeteksi oleh PC saat proses booting dan komputer meminculkan pesan bahwa windows tidak mendetaksi adanya mouse pada koputer tersebut. Jika terjadi hal seperti ini kemungkinan kabel mouse belum tertancap dengan benar, coba anda pastikan apakah kabel tersebut sudah tertancap dengan benar, untuk memastikan coba cabut dan tancapkan kembali kabel tersebut untuk memastikan koneksinya.Jika masih belum terdeteksi oleh PC coba ganti mouse tersebut dengan mouse lain jika ternyata bisa beraryi mouse anda tadi rusak, jika masih tidak bisa berarti port mouse anda yang menganlami kerusakan.
b. pointer mouse meloncat-loncat
ini disebabkan karena banyaknya kotoran yang menempel pada bola mouse, besihkan lah bola mous tersebut dengan alkhohol. Untuk mouse optik ini disebabkan karena optik pada mouse kotor, bersihakanlah optik tresebut dengan menggunakan kain.

3)Fan
fan merupakan komponen yang sangat penting bagi komputer, karena berhubungan dengan sirkulasi udara komputer.
a. fan pendingin mati
untuk mengatasi hal ini
- cek kabel power pada fan apakah sudah tertancap dengan baik
-bersihkan kotoran yang ada didalamnya untuk memperlancar putaran fan

4) Monitor
monitor merupakan komponen out put yang diguanakn untuk menampilkan hasil kerja cpu
kerusakan yang terjadi;
monitor tidak mau menyala
pertama cek kabelpower monitor ,pastikan bahwa kabel monitor ke vga port tertancap dengan benar, lalu pastikan bahwa tombol power monitor sudah dalam keadaan ON. Jika denganini masalah ini tetap tak teratasi berarti ada problem pada monitor anda

5) Printer
printer tidak dapat menarik kertas
ini disebabkan karena roda penggerak nya / roda penariknya licin dikarenakan banyak debu yang menmpel, bersihkan dengan menggunakan alkhohol atau ccl
printer tidak dapat mencetak
kemungkina dikarenakan tinta pada catridge habis . coba isilah catridge tersebut

Memeriksa hasil perbaiakn peripheral
pemeriksaan dimaksudkan untuk mengetahui apakah sudah berhasil atau belum.Jika sudah kita hanya tinggal melakukan penyusunan laporan . Setiap terjadi kerusakanpada maintenance peripheral perlu dilakukan pancatatan untuk mempermudah pengeceka kondisi komputer yaitu dalam tabel logsheet ynag perlu dilaporkan:
Tanggal :waktu kapan dilakukan perbaiakan
Nama peripheral: nama/ jenis yang mengalami kerusakan
Gejala kerusakan
Tindakan korektif
Keterangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar