Selasa, 18 Januari 2011

Masakan Asal Luar Jepang

Mie Ramen

Ramen (拉麺;ラーメン) adalah masakan mie kuah Jepang yang berasal dari Cina. Orang Jepang juga menyebut ramen sebagai chuka soba (中華そば, soba dari Cina) atau shina soba (支那そば) karena soba atau o-soba dalam bahasa Jepang sering juga berarti mie. Pada zaman dulu pembuatan mi di Cina menggunakan air asin dari danau Kan di pedalaman Mongolia yang mengandung garam mineral alami. Di Jepang, bahan kimia tambahan untuk membuat mi sampai sekarang ini masih disebut kansui (鹹水, secara harafiah: air dari Danau Kan). Seusai Perang Dunia II, bahan kimia tambahan untuk mi yang berbahaya untuk kesehatan banyak beredar di pasaran, tapi sekarang bahan kimia tambahan sudah diatur dalam standar JAS. Bahan kimia tambahan untuk mi juga mempunyai bau tidak enak yang sering tidak disukai orang, sehingga di Jepang juga dibuat mi yang menggunakan telur sebagai pengganti bahan kimia.

Bahan:
2 sendok makan minyak sayur
2 batang daun bawang, potong 3 cm
2 siung bawang putih, cincang
30 g bawang Bombay, iris kasar
100 g daging ayam, iris tipis
2 sdm kecap Jepang
150 ml air
250 g ramen kering, rebus hingga lunak
½ sendok teh merica bubuk
1 sendok teh garam

Taburan:
1 sendok makan nori iris kasar
1 sendok teh wijen sangr

Cara membuat:

  • Tumis bawang putih dan daun bawang hingga layu.
  • Masukkan bawang bombay, aduk hingga layu.
  • Tambahkan daging ayam, aduk hingga kaku.
  • Masukkan kecap, air, bumbu dan ramen. Aduk cepat hingga rata.
  • Angkat, sajikan dengan bahan Taburan.

Nasi Hayashi

Hayashi rice (ハヤシライス?, Nasi hayashi) adalah makanan Jepang berupa nasi putih yang dihidangkan dengan siraman kuah kental masakan daging sapi. Bumbu berupa bawang bombay yang ditumis dengan mentega hingga wangi. Daging dimasak hingga empuk di dalam saus demiglace dan sering dicampur saus tomat. Anggur merah sering ditambahkan agar aroma masakan menjadi harum. Hayashi rice merupakan salah satu contoh makanan Jepang yang berasal dari Barat. Di Osaka dan Kobe, makanan ini dikenal juga sebagai Haishi rice. Daging sapi selalu digunakan untuk membuat nasi hayashi. Bila daging babi yang digunakan, masakan ini disebut Pork Hayashi. Sayuran seperti jamur kancing atau jamur shimeji juga sering ditambahkan ke dalam masakan daging.

Bahan:

  • 3 / 4 g daging sapi iris tipis, potong-potong ukuran bite-
  • 2 bawang putih, iris kecil-kecil
  • 1 wortel, iris kecil-kecil secara memutar
  • 1 potong tomat, dan potong kecil-kecil menjadi persegi 4
  • 2 sendok makan mentega
  • 2 / 3 gelas anggur merah
  • 1/4 gelas air
  • 1 sendok makan saus Worcester
  • 2 sendok makan kecap
  • 4 cangkir nasi

Cara Pembuatan :

Lelehkan 1 sendok makan mentega dalam wajan besar dan campurkan tumis daging diamkan hingga warnanya berubah. Tambahkan daging sapi, lalu gunakan wajan lain untuk memasak bawang dengan 1 sendok makan mentega yang telah dilelehkan. tuangkan irisan wortel dan tomat yang dipotong dadu. Tambahkan anggur merah setelah panas dan tuangkan air. masak perlahan selama 15 menit dan Bumbui dengan saus Worcester dan kecap. Sajikan nasi hangat di piring dan tuangkan saus Hayashi atas nasi.

Yakiniku

Yakiniku (焼肉?, daging panggang) adalah istilah bahasa Jepang untuk daging yang dipanggang atau dibakar di atas api. Dalam arti luas, yakiniku juga mencakup berbagai masakan daging sapi, babi, atau jeroan yang dipanggang, seperti bistik, panggang daging domba (jingisukan), dan barbeque. Yakiniku sering dikatakan berasal dari masakan Korea seperti bulgogi dan kalbi, dan yakiniku sering disebut BBQ ala Korea. Walaupun demikian, yakiniku di Jepang sering berbeda dengan panggang daging ala Korea antara lain dalam hal saus untuk merendam daging. Kemungkinan besar masakan yakiniku berasal panggang potongan jeroan yang disebut Horumonyaki. Horumonyaki diciptakan oleh imigran Korea di daerah Kansai seusai Perang Dunia II. Istilah “horumon” dalam “horumonyaki” berasal dari dialek Kansai “horumon” (benda buangan) yang digunakan untuk menyebut jeroan. Perbedaan yakiniku dengan bulgogi atau kalbi telah menjadi sangat kabur, karena keduanya juga disebut “yakiniku” di Jepang.

Bahan
· 400 gram daging sapi sukiyaki
· 1 buah bawang bombay, potong-potong
· 1 buah paprika hijau, potong-potong
· 2 sendok makan mentega/margarin

Saus pencelup
· 2 buah bawang putih, parut
· 1 cm jahe, parut
· 100 cc kecap kikkoman
· 50 cc mirin
· 1/4 sendok teh garam
· 1 sendok teh gula pasir
· 1/4 sendok teh merica bubuk
· 1/4 sendok teh bumbu penyedap

Cara

  1. Saus pencelup: campur semua bahan, aduk hingga rata, sisihkan.
  2. Campur daging sapi dengan sebagian saus pencelup, diamkan selama 15 menit.
  3. Panaskan margarin, lalu masukkan daging sapi tadi, bawang bombay, dan paprika hijau, masak sampai matang sambil sekali-sekali dibalik.
  4. Biasanya yakiniku disajikan bersama-sama dengan saus pencelup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar