Kamis, 27 Januari 2011

Inilah 5 Dugaan Utama Crop Circle


Headline
foto: istimewa
Oleh: Billy A Banggawan
Selasa, 25 Januari 2011 | 15:07 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Kemunculan Crop Circle (CC) di Sleman cukup mengagetkan. Beberapa spekulasi pun merebak. Inilah lima penjelasan utama mengenai terjadinya CC.

1. Perbuatan Manusia

Meskipun banyak yang beranggapan bahwa Crop Circle tak lebih dari ulah iseng, sulit dipercaya bila dikatakan CC adalah buatan manusia. Namun, ilmuwan Inggris Anderro yang telah menyelidiki dan meneliti fenomena itu selama 17 tahun, menegaskan bahwa 80% CC merupakan buatan manusia.

Bahkan seorang warga Inggris pernah mengakui hal tersebut pada media massa. Menurutnya, ia dan beberapa temannya adalah pembuat CC di London, Inggris. Mereka mempersiapkan gambar desain terlebih dulu dan ketika ladang gandum hampir matang, sebuah paku panjang ditancapkan di ladang yang berfungsi sebagai titik pusat.

Selanjutnya, mereka melingkari permukaan tanah dengan tali, kemudian muncullah sebuah CC. Permasalahannya, apakah mungkin mereka membuat lingkaran itu dalam satu malam, tanpa alat bantu memadai? Lalu apa tujuannya?

2. Medan Magnet

Ada sebagian pendapat bahwa CC bukanlah karena manusia. Hal dikarenakan struktur gambar yang rumit, ukuran besar, rancangan indah, dan sama sekali bukan buatan manusia yang dapat dikerjakan dalam semalam. Meski Anderro berkeras, mengatakan 80% CC buatan manusia, namun ia juga yakin 20% sisanya pembentukan alami karena efek medan magnet bumi.

Dalam medan magnet terdapat suatu daya gerak gaib yang dapat menghasilkan suatu arus listrik sehingga tanaman ‘berbaring datar’ di atas permukaan tanah. Ahli terkait asal Amerika Serikat Jeffery Walson telah meneliti 130 lebih CC, dan pada 90% CC terdapat transformator yang berhubungan dengan kabel tegangan tinggi.

Di bawah panjang garis keliling sepanjang 270 meter itu terdapat sebuah kolam, karena kolam diairi maka ion tanah dapat menghasilkan elektrik negatif, sedangkan transformator terhubung kabel tegangan tinggi menghasilkan elekrik positif. Setelah elektrik negatif dan positif bersentuhan maka energi magnet listrik dihasilkan dan merobohkan gandum dan membentuk CC. Namun, hal ini belum menjawab bagaimana terbentuknya pola aneh? Apa energi dapat berbentuk bunga atau kelajengking?

3. Angin Tornado

Menurut fisikawan University of Michigan Dr Delon Smith, perubahan musim panas yang tak menentu dan angin tornado merupakan penyebab utama CC. Melalui risetnya, ia menemukan sejumlah besar CC yang muncul di gunung atau daerah berjarak 60-70 km dari gunung merupakan tempat dimana angin tornado mudah terbentuk. Namun, apa tornado dapat membuat lingkaran dengan ketelitian tertentu itu?

4. Buatan Alien

Banyak yang meyakini sebagian besar CC terbentuk dalam waktu semalam merupakan hasil karya alien. Sejak 1990, fotografer Alexander mengatakan melihat cahaya ganjil di ladang gandum, cahaya itu terbang kesana-kemari di antara kedua lingkaran aneh. Keberadaan alien di perut bebek liar di San Franscisco AS memperkuat dugaan itu.

5. Heterodoxy (Pandangan Sumbang)

Sejumlah orang yakin di balik CC terdapat berbagai macam kekuatan gaib, seperti segitiga bermuda. Menurut dugaan, ada anggapan CC merupakan ‘pemberitahuan bencana’ agar orang mau menyebar Heterodoxy yang meyimpang dari ajaran ortodoks.

Mengapa CC kerap muncul di ladang gandum? Dan kini, lingkaran itu pun muncul di ladang bunga matahari, Rusia. Mengapa bisa begitu? Kita hanya bisa menunggu ilmuwan mengungkapnya lebih lanjut. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar