Selasa, 11 Januari 2011

M249 SQUAD AUTOMATIC WEAPON / MK 46 MOD. 0 ( MINIMI LIGHT MACHINE GUN )

FN Minimi M249 with plastic buttstock
Senapan Mesin Ringan ( Light Machine Gun )Minimi dikembangkan oleh FN Herstal pada akhir 1970an hingga awal 1980an, dan mulai dibuat secara masal pada awal 1982 di Belgia, dan pada waktu yang hampir bersamaan US Army mengadopsi senjata ini dengan nama M249 Squad Automatic Weapon ( Senjata Otomatis untuk Squad, SAW ). Senjata ini memiliki berat sekitar 7.1 kg dan panjang total sekitar 1040 mm da panjang barrel sekitar 465 mm. Senjata ini dapat menembakkan 750 - 1000 peluru per menit. Untuk senjata ini memiliki berbagai aksessoris seperti bipod lipat berbagai jenis, walaupun sebenarnya sudah ada tripod yang dapat digunakan pada senjata ini, yaitu M192 LGM. Selain itu, senjata ini dapat beradaptasi dengan Magasin STANAG untuk kaliber 5.56x45mm NATO yang biasa digunakan pada M16 dan M4 sebagai magasin dalam keadaan darurat. Sejak munculnya Minimi Light Machine Gun, variasi senapan mesin ringan semakin banyak dan bervariasi.
FN Minimi Para
Pertama, munculnya versi Para ( Paratroper ), dengan barrel dan stock yang lebih pendek ( panjang barrel ukuran standar sekitar 465 mm, sedangkan versi Para hanya 349 mm ). Dengan sedikit mengurangi jarak tembak dan kekuatan, senjata ini diset lebih ringan dan kecil ( Berat versi standar sekitar 7.1 kg, sedangkan Para sekita 6.1 kg )yang di khususkan untuk bergerak lebih bebas dan bermanuver dengan cepat.

FN Minimi SPW
FN MK. 46 Mod. 0
Tidak lama kemudian, versi SPW ( Special Purpose Weapon - Senjata operasi khusus ) sedang dikembangkan oleh kemiliteran Amerika untuk US Special Force Command ( US SOCOM - unit militer khusus Amerika Serikat ), dengan stock yang serupa dengan versi Para dan panjang barrel yang diantara versi standar dan Para ( Untuk versi standar panjang barrel 465 mm, versi Para 349 mm, sedangkan versi SPW sekitar 406 mm ) dan berat yang jauh lebih ringan ( Hanya sekitar 5.75 kg ). Senjata ini dapat beradaptasi dengan sebagan besar aksessoris untuk M4 SOPMOD ( dan mungkin lain hari senjata ini akan diberi nama SOPMOD juga ). Namun untuk senjata ini memiliki kecepatan tembak yang lebih pelan dan menghilangkan fitur untuk Magasin STANAG dan hanya bisa menggunakan Pouch Magazine. Kemudian versi SPW dikembangkan kembali menjadi MK. 46 Mod. 0 dengan stock sama seperti versi standar dan tambahan Picannity Rail ( Rail yang berbentuk seperti bunga pada bagian atas pelindung panas ). Selain itu, pegangan, lubang pengisi peluru, dan mountnya dimodifikasi dengan mengurangi beberapa bagian untuk menghemat berat dan biaya. Senjata ini diadopsi oleh US SOCOM untuk NAVSPECWAR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar