Sabtu, 29 Januari 2011

Ponsel Berpanel Surya Paling Efisien Daya


SAMSUNG.jpg
Sriwijaya Post - Minggu, 30 Januari 2011 13:29 WIB

SRIPOKU.COM - Hasil Greenpeace Electronics Survey 2010 menobatkan Samsung GT-S7550 atau Blue Earth sebagai ponsel paling ramah lingkungan. Ponsel ini meraih skor 7,03 dari skor maksimum 10 yang bisa diberikan dan mengungguli produk unggulan lainnya.

Salah satu yang menonjol dari ponsel ini adalah efisiensi dayanya. Greenpeace memberikan skor 29,5 untuk efisiensi daya yang berarti hanya 0,5 poin lebih rendah dari skor maksimum. Efisiensi energi didasarkan pada standar Energy Star yang ditetapkan oleh Environmental Protection Agency Amerika Serikat. Semakin besar nilai efisiensi melebihi batas minimum, maka semakin efisien piranti elektronik.

Samsung Blue Earth juga punya inovasi yang ramah lingkungan dengan adanya panel surya yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi ulang baterai secara langsung. Selain itu, ponsel ini juga dinyatakan bebas material berbahaya seperti PVC, BFR, dan Phtalate.

Awalnya, ponsel ini hendak dikategorikan sebagai smartphone. Namun karena tak memiliki sistem operasi, akhirnya hanya dikategorikan sebagai ponsel biasa. Dengan kelebihannya, ponsel ini mengalahkan Nokia X3-02 dan Motorola A45 Eco.

Meski tak tergolong smartphone, Samsung Blue Earth juga dilengkapi Wi Fi serta Google Apps untuk Gmail dan Google Map. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai sarana hiburan dengan music player-nya.

Ponsel ini diluncurkan pada ajang Mobile World Congress tahun 2009 di Barcelona. JK Shin, Executive Vice President danm Kepala Divisi Mobile mengatakan, "Ponsel ini merupakan wujud komitmen kami dalam melindungi lingkungan."

Sayang belum ada kabar apakah produk ini akan masuk ke Indonesia. Sayang memang produk yang ramah lingkungan seperti ini kalau tidak menjadi prioritas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar