Selasa, 11 Januari 2011

HECKLER & KOCH G36 ASSAULT RIFFLE

H&K G36 and G36E
H&K G36 Assault Riffle adalah senapan serbu berkaliber 5.56x45mm didesain pada awal 1990an untuk menggaantikan G3 senapan tempur berkaliber 7.62mm. Dan pada awal 1997 senjata ini secara resmi menggantikan G3 dalam Bundeswehr ( kemiliteran Jerman ). Senapan ini dapat menggunakan magasin bermuatan 30 butir dan magasin drum Beta C-Mag Drum.
Berawal dari Bundeswehr yang menginginkan senjata baru selain G3 dan adanya desakan dari NATO untuk membuat senapan berkaliber standar NATO atau kaliber serupa. Dibuatlah versi G11, namun ditolak dikarenakan tidak sesuai dengan standar kaliber NATO. Kemudian disusul dengan G41 dan G33 yang telah menggunakan kaliber 5.56. Namun ditolak kembali, akhirnya HK pun kebingungan, dan pada akhir kebuntuan tersebut, diciptakanlah HK50 yang mengadopsi sistem dari G41 dengan beberapa perubahan. Dan akhirnya senjata ini diterima, bahkan pada uji coba, senjata ini dapat mengungguli rival terberatnya, yaitu Steyr AUG.
Kemudian HK50 diproduksi sekitar 33,000 pucuk untuk Bundeswehr dan secara resmi diganti namanya menjadi G36 pada pertengahan 1997. Disusul kemudian 17,000 pucuk tambahan. Dan pada bulan Juli 1998 Pihak Kemiliteran Spanyol menyatakan menggunakan produk G36E ( versi ekspor untuk G36 standar, perbedaannya akan dijelaskan pada bagian bawah post ini ) dibawah lisensi FACOR ( unit persenjataan Spanyol ).
G36 adalah Senapan Serbu berkaliber 5.56x45mm yang ditembakan pada senapan berlaras pendek. G36 memiliki desain konvensional dan komponen yang umum dijumpai. Komponen yang selalu sama pada setiap seri dari G36 adalah pada reciever dan stocknya, sistem rotasi baut dan pengembalian posisi baut. Pada recievernya terdapat barrel, lengan untuk membawa yang terintegrasi sight, trigger dengan pegangan pistol, pelindung tangan, dan kantung penerima magasin ( Seluruh komponen standar selain stock G36 tergabung menjadi satu, haya verci G36C dan G36K yang memiliki pegangan yang berbentuk rail yang dapat dilepas, namun tidak jauh berbeda dari bentuk dasarnya ).
G36 memiliki barrel mengapung, karena barrelnya tidak bersentuhan langsung dengan pelindung tangan, ini bertujuan untuk meminimalisir panas yang diterima tangan para pengguna. Dan barrelnya dihubungkan dengan reciever menggunakan baut khusus yang dapat dilepas dengan kunci inggris. Barrelnya dibuat dengan proses tempa palu dingin dan dengan fitur kaliber berlapis krom dengan rasio 6 kaki ( sebenarnya sistem ini sudah ada pada G3 namun karena rasionya 7 kaki dan harus menggunakan kaliber yang besar, maka kakinya dikurangi 1 pada G36 ) dan rasio putaran tembak 1:7 in. Barelnya jga memiliki blok gas dan kerah yang dapat digunakan untuk memasang bayonet atau peluncur granat dan penyelubung cahaya ( flash hider ).
G36 dapat dirangkai dan dibongkar tanpa alat khusus. Untuk tujuan pembersihan, G36 ketika dibongkar akan menjadi 4 bagian, yaitu reciever, mekanisme pengembalian, bagian baut pendorong, dan bagian trigger.
selektor tembak dan pengaman berada pada kedua sisi reciever, pilihan pada selektor adalah "S" untuk mode aman ( "Sicherheit" ), "E" untuk semi otomatis ( "Einzelfeuer" ), dan "F" untuk otomatis penuh ( "Feuerstoss" ). Sistem pengaman senapan menonaktifkan trigger jika diaktifkan. HK juga memiliki beberapa jenis dari trigger, salah satunya adalah " Navy ", dimana settingangnya tetap seperti trigger standar, namun penandanya telah menggunakan pictogram. Ada juga trigger semi otomatis, dmana pilihan "F" dihilangkan.
Peluru G36 dipasok dari magasin berbentuk kurva bermuatan 30 butir ukuran 5.56x45mm NATO namun berbeda dari STANAG. Magasin itu terbuat dari polimer tahan banting dan dapat disatukan dengan magasin sejenis menggunakan clip untuk memudahkan reload / reload dengan cepat, bahkan terkadang bisa mengklip sampai dengan 3 magasin sekaligus. Selain magasin muatan 30 peluru juga dapat beradaptasi dengan BETA C. Mag Drum yang bermuatan 100 butir peluru.
G36 dilengkapi dengan stock lipat ke arah samping dan bipod lipat untuk senjata ini, dimana ketika stocknya dilipat, pada ujung stock terdapat pengait untuk dikaitkan pada pelindung tangan. Menembak dengan stock dilipat membuat kinerja menembak senjata ini meningkat, terutama dalam mengurangi recoil ( lihat halaman SMG )pada reciever. Pada bagian bawah stock tersebut terdapat pin untuk mengaitkannya pada reciever saat melakukan pembersihan.
G36 adalah sebuah senapan serbu ringan, yang terbuat dari polimer anti korosi ( sebenarnya adalah serat karbon yang di pres dan dilapisi polimer pengeras ), seperti pada bagian : Reciever, stock, trigger ( termasuk grip dan fire selector), feed magasin ( tempat memasang magasin ), dan grip depan. Bagian yang tidak terbuat dari polimer karbon adalah barrelnya yang terbuat dari baja yang dilapisi krom.
Standar sight ( penanda untuk membantu menembak, biasanya terbuat dari polimer dan memiliki lensa yang bisa untuk zoom in ) untuk G36 Jerman adalah ZF 3x4° dual optical sight yang merupakan kombinasi antara 3x magnified telescopic sight( dimana penanda utamanya untuk jarak 200 meter, sedangkan penanda jatuh pelurunya untuk jarak 400, 600, dan 800 meter ) dan unmagnified reflex red-dot sight ( diset untuk jarak 200 meter ) yang terpasang diatas sight teleskopik.
Untuk versi ekspor hanya menggunakan 1.5x magnified telescopic sight yang maksimal hanya mencapai 300 meter untuk penanda jatuh peluru. Semua jenis G36 dapat beradaptasi dengan Hensoldt NSA 80 third-generation night sight, yang dikaitkan pada pegangan cangking pada bagian atas senjata dan diset di depan telescopic sight, selain night sight, G36 dapat beradaptasi dengan beberapa sight standar untuk senapan serbu.
Dibawah ini adalah jenis-jenis dari G36 :

H&K G36E, for V version will be upload soon
G36E/V : awalnya dikenal dengan sebutan G36E ( E singkatan dari Export, merupakan versi dari G36 yang digunakan kemiliteran Spanyol ) kemudian dibuatlah G36V, yang sebernarnya sama saja dengan G36E namun menghilangkan fitur dudukan bayonet. Untuk versi G36E memiliki fitur 1.5x magnified telescopic sight, dan dudukan bayonet untuk bayonet standar NATO. Versi ini diproduksi untuk Spayol dan Latvia.
H&K MG36 with C. Mag Drum Magazine
MG36 : ( MG adalah singkatan Machinegewehr - Machine Gun, atau senapan mesin ) light machine gun ( senapan mesin ringan ) adalah versi G36 dengan tambahan barrel yang berat dan cook-off resistance. Namun untuk MG36 dan MG36E tidak lama diproduksi oleh H&K.
H&K G36K
G36K : ( K adalah singkatan dari Kurz yang berarti pendek ) adalah varian dengan laras lebih pendek (dilengkapi dengan tipe flash surpressor-terbuka) dan forend lebih pendek, yang mencakup rail bawah yang dapat dipasangi aksessoris untuk operasi tactical, seperti senter UTL dari pistol jenis USP. Barrel senapan ini tidak dapat dipasangi senapan granat dan bayonet. Senjatanya mempertahankan fitur dudukan yang dapat dipasangi dengan peluncur granat AG36. G36K dalam versi militer Jerman dapat deradaptasi dengan magasin C-Mag 100-round drum. Ada dua varian dari G36K. Yang pertama dan paling umum dikenal memiliki 3x magnified telescopic sight. The second and highly preferred variant of the G36K is the one with the iron sights and rail (no scope included). Varian kedua dan sangat disukai dari G36K adalah versi yang hanya menggunakan iron sight dan rail ( tanpa telescopic sight ). Hal ini membuat lebih banyak aksessoris yang dapat dipasang dan memiliki bentuk yang lebih kecil.
H&K G36C with some acessories
G36C : ( C adalah singkatan dari compact ) adalah pengembangan lebih lanjut dari G36K. Memiliki laras lebih pendek (dari G36K), dan flash hider-cabang empat tipe terbuka. Laras sangat pendek memaksa desainer untuk memindahkan blok gas lebih dekat ke ujung moncongnya dan mengurangi panjang dari tabung gas. Handguard dan stock yang tentu saja lebih pendek dan pegangan cangkingnya digantikan dengan 1.913 Intergrated MIL-STD Picatinny rail .Dual Optik yang ada pada G36 dan G36K digantikan dengan dudukan set rail untuk iron sights.Handguard pendek memiliki empat titik untuk aksesori, salah satu yang dapat digunakan untuk pegangan vertikal.
G36A2: Ini adalah sebuah sebutan persenjataan dialokasikan ke varian upgrade dari G36 digunakan oleh Angkatan Darat Jerman. G36A2 dilengkapi dengan reseted Zeiss RSA refleks-fast red dot sight yang terpasang pada rel Picatinny yang menggantikan real red dot sight double system Upgrade kit G36A2 juga terdiri dari handguard baru dengan tiga rel Picatinny dan pegangan dengan sebuah trigger yang terintegrasi untuk operasional Oerlikon Contraves Light Laser Model LLM01 .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar